x

Tak Banyak yang Tahu, Para Pemain Bernomor Punggung 7 di Al Nassr sebelum Cristiano Ronaldo

Sabtu, 31 Desember 2022 14:25 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Cristiano Ronaldo mendapat nomor punggung 7 di klub barunya, Al Nassr.

FOOTBALL265.COM - Cristiano Ronaldo yang hengkang dari Manchester United beberapa waktu lalu kini merapat ke klub Arab Saudi, Al Nassr.

Di sana, ia akan mengenakan nomor punggung 7, yang sudah jadi angka keramatnya selama berkarier di dunia sepak bola.

Pengumuman tentang bergabungnya CR7 telah diumumkan Al Nassr pada Jumat (30/12/22) waktu setempat melalui media sosial.

“Sejarah sedang dibuat. Ini adalah penandatanganan yang tidak hanya menginspirasi klub kami untuk meraih lebih banyak kesuksesan,

“Tetapi juga liga kami, negara kami, dan generasi-generasi penerus kami - para anak laki-laki dan juga perempuan dengan versi terbaiknya masing-masing,” tulis pihak klub dalam cuitannya.

Baca Juga

Mereka pun menyematkan foto Cristiano Ronaldo yang memegang jersey nomor 7 sembari memberi ucapan “Selamat datang @cristiano di rumah barumu.”

Mengenakan jersey bernomor punggung 7 sudah menjadi ciri khas Cristiano Ronaldo sejak lama. Kini di Al Nassr ia pun tidak lepas dari angka bersejarah tersebut.

Baca Juga

Jika bicara soal klub-klub yang sudah disinggahi sang pemain sebelum Al Nassr, nomor punggung 7 sempat dipakai beberapa tokoh sepak bola ternama.

Sebut saja beberapa di antaranya Luis Enrique (Real Madrid), lalu Didier Deschamps, Simone Zaza, dan Juan Cuadardo (Juventus).

Lalu di Manchester United, nomor punggung 7 pernah jadi milik David Beckham, Bryan Robson, Paul Ince, George Best, Eric Cantona, Michael Owen, Antonio Valencia, dan masih banyak lagi.

Baca Juga

1. Banyak Nama yang Kurang Dikenal Publik

Cristiano Ronaldo mendapat nomor punggung 7 di klub barunya, Al Nassr.

Namun berbeda di Al Nassr. Tidak banyak pemain dengan nama familier yang pernah memakai angka 7 di salah satu klub terbaik Arab Saudi ini.

Nah, siapa saja mereka?

Jaloliddin Masharipov

Dimulai dari yang teranyar terlebih dahulu. Pemain asal Uzbekistan ini jadi pemilik nomor punggung 7 untuk musim 2020-2021 dan 2021-2022, berdasarkan catatan Transfermarkt.

Meski begitu, dalam rentang waktu tersebut, ia sempat pergi sebagai pemain pinjaman ke salah satu klub Uni Emirat Arab, Shabab Al Ahli.

Ketika Al Nassr belum memberinya satu pun gelar untuk dimasukkan ke CV, Shabab Al Ahli justru sudah menyumbang dua: UEA League Cup dan UEA President’s Cup.

Baca Juga

Dari segi usia, Jaloliddin Masharipov lebih muda delapan tahun dari Cristiano Ronaldo. Ia pun harus ikhlas nomor punggungnya menjadi milik sang senior yang baru merapat dari Manchester United.

Lee Chun-soo

Meski namanya tidak cukup dikenal saat ini, Lee Chun-soo pernah mencetak sejarah sebagai salah satu pemain di skuad Korea Selatan yang lolos ke semifinal Piala Dunia 2002.

Baca Juga

Ia juga membantu Taegeuk Warriors meraih tempat ketiga di Piala Asia 2007. Namun tidak banyak yang tahu bahwa ia pernah merumput di Al Nassr jauh sebelum Cristiano Ronaldo datang.

Di sana, Lee Chun-soo pun mengenakan nomor punggung 7 untuk musim 2009-2010 sebelum angkat kaki ke klub Jepang, Omiya Ardija.

Sosok yang lebih tua empat tahun dari Cristiano Ronaldo ini sudah pensiun dari sepak bola. Ia memilih pulang kampung dan menuntaskan kariernya di Incheon United.

Baca Juga
 

2. Dari Ekuador hingga Nigeria

Cristiano Ronaldo mendapat nomor punggung 7 di klub barunya, Al Nassr.

Armando Wila

Seorang pengelana di dunia sepak bola, mengingat kecenderungannya yang kerap berpindah dari klub satu ke klub lain.

Ia bahkan pernah singgah di Barcelona sebelum menjadi pemain pinjaman di Al Nassr dari klub yang dinaunginya pada 2014-2017, Universidad Catolica.

Penyerang asal Ekuador ini berada di Al Nassr selama musim 2014-2015 dan hanya mencatatkan 11 penampilan saja.

Namun dengan catatan yang tidak terlalu cemerlang ini, Armando Wila setidaknya pernah memakai nomor punggung 7, yang kini jadi keramat di Al Nassr karena Cristiano Ronaldo.

Leonardo

Ada banyak nama Leonardo di jagat sepak bola. Akan tetapi, jika membahas Leonardo yang sempat jadi pemilik nomor punggung 7 di Al Nassr adalah Leonardo Rodrigues Pereira.

Baca Juga

Ia hanya satu tahun lebih tua dari Cristiano Ronaldo dan pernah membela Al Nassr sebagai pemain pinjaman pada 2017-2018.

Sayangnya, tidak banyak kisah yang bisa diceritakan dari sosok yang satu ini. Ia bahkan tidak pernah menembus skuad senior Timnas Brasil setelah bermain di level usia U-17 dan U-20 mereka.

Baca Juga

Ahmed Musa

Mantan pemain Leicester City yang saat ini bermain untuk klub Turki, Sivasspor. Kariernya di Al Nassr pada 2018-2020 pun terbilang cukup lumayan.

Selain memakai nomor punggung 7, Ahmed Musa juga memenangkan gelar bersama Al Nassr berupa satu trofi Saudi Pro League dan satu trofi Saudi Super Cup.

Selain itu, bersama Timnas Nigeria pemain kelahiran tahun 1992 ini ia pun berhasil menjuarai Piala Afrika untuk edisi 2013.

Baca Juga

Sumber: Transfermarkt

Cristiano RonaldoArab SaudiAl NassrBola InternasionalOne Football

Berita Terkini