x

Terungkap! Tanpa VAR, Liverpool Hanya Tim Pesakitan Dekat Zona Degradasi

Jumat, 3 Februari 2023 18:35 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Indra Citra Sena
Aksi gelandang muda Jepang, Kaoru Mitoma, di laga Piala FA Brighton vs Liverpool

FOOTBALL265.COM – Klub raksasa Liga Inggris (Premier League), Liverpool sejatinya lebih dekat ke zona degradasi daripada di posisinya saat ini jika tanpa bantuan VAR.

Nasib Liverpool musim ini memang tengah begitu menjadi sorotan. Bagaimana tidak, perkasa dalam lima tahun terakhir, musim ini mereka begitu keropos.

Saat ini tim berjuluk The Reds itu tengah duduk di posisi ke sembilan klasemen dan terancam keluar dari jalur perburuan gelar Liga Inggris musim 2022/23.

Total, Liverpool baru mampu mengemas 29 poin dari 19 pertandingan yang telah mereka jalni. Delapan kekalahan, lima imbang, dan enam kali kalah menjadi catatan dari 29 poin Liverpool.

Namun, nasib Liverpool tersebut terbilang masih beruntung. Melansir dari Daily Mail, nasib Liverpool bisa lebih buruk andai saja mereka tidak dibantu Video Assistant Referee (VAR).

Baca Juga

Dalam laporannya, jika Liverpool hingga pertengahan musim ini tanpa mendapatkan bantuan VAR, mereka akan berada di posisi 11 klasemen dengan 23 poin.

Artinya, Liverpool hanya akan berjarak enam poin saja dari batas akhir zona degradasi. Dalam tabel tersebut, Everton menjadi tim yang menjadi batas zona degradasi dengan menempati posisi 18.

Baca Juga

Liverpool memang telah beberapa kali mendapatkan keuntungan ketika VAR diberlakukan. Bahkan hal itu turut membantu The Reds saat menggapai trofi Liga Inggris musim 2019/20 yang lalu.

Namun, Liverpool tidak sendiri, tim lain yang mendapatkan keuntungan serupa dari VAR adalah Aston Villa dan Manchester United.

Bahkan, mantan tim asuhan Steven Gerrard dan Man United juga mengalami turun peringkat jika tidak mengalami bantuan VAR.

Baca Juga

1. Liverpool Tak Sendiri

Jordan Henderson (tengah) terlihat lesu usai Leeds United bobol gawang Liverpool (30/10/22). (Foto: REUTERS/Phil Noble)

Masih dalam laporan Daily Mail, adanya VAR memang telah membuat beberapa tim mendapatkan keuntungan, akan tetapi jika aturan tersebut hilang, tim-tim tersebut juga merugi.

Liverpool sepertinya tak perlu berkecil hati, Aston Villa menjadi tim selanjutnya kerap menerima bantuan VAR di ajang Liga Inggris.

Sejauh ini, Aston Villa setidaknya mendapatkan keuntungan empat poin dari adanya VAR. Begitu juga dengan Man United.

Adanya VAR sejauh ini juga telah membantu Man United mendapatkan tiga poin. Artinya, tanpa VAR, Setan Merah bisa bernasib apes.

Tim besutan Erik ten Hag tersebut jika tidak mendapatkan bantuan VAR, mereka bisa terlempar dari empat besar klasemen.

Baca Juga

Namun, jika dianalisis terlemparnya Man United tidak begitu memberikan dampak berarti karena mereka tetap memiliki koleksi 36 poin.

Man United masih memiliki angka yang sama dengan Tottenham dan juga masih memiliki kesempatan yang cukup lebar untuk kembali merangsek ke empat besar.

Baca Juga

Liverpool saat ini memang tengah menjalani musim yang berat. Kemenangan yang sebentar kemudian mengalami kekalahan lagi menjadi siklus yang tak pernah berhenti bagi mereka musim ini.

Liverpool selanjutnya masih akan kembali melanjutkan laga mereka di ajang Liga Inggris dengan bertandang ke markas Wolverhampton, Sabtu (04/02/23).

Kemenangan tentu akan mennjadi harga wajib yang harus dilunasi oleh Liverpool jika mereka mengincar posisi empat besar demi tampil di Liga Champions musim depan.

Baca Juga

Sumber: Daily Mail

LiverpoolLiga Primer InggrisLiga InggrisVideo Assistant Referees (VAR)Berita Liga Inggris

Berita Terkini