x

Bidik Poin Penuh di Markas RANS, Persis Solo Pantau Kondisi 2 Pilar

Selasa, 7 Maret 2023 22:49 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Subhan Wirawan
Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina. (Foto: MO Persis Solo)

FOOTBALL265.COM - Persis Solo memantau kondisi dua pilarnya, Gianluca Pandeynuwu dan Abduh Lestaluhu, jelang bersua RANS Nusantara FC di Stadion Pakansari, Bogor, Jumat (10/3/23). Tiga poin dibidik pada laga pekan ke-29 Liga 1 2022/2023.

Gianluca menjadi pilihan utama Persis Solo selama Muhammad Riyandi absen. Eks Barito Putera itu absen karena mengalami cedera hamstring strain dengan ACL tear grade III dan meniscus tear.

Performa Gianluca sejauh ini cukup bagus. Pada laga terakhir di Parepare, Minggu (5/3/23) sore, Gianluca menggagalkan banyak peluang PSM Makassar, meski pada akhirnya tetap kebobolan tiga gol.

Gianluca juga mampu mengakhiri pertandingan dengan tetap berada di atas lapangan. Ya, pada menit ke-69, saat PSM mencetak gol kedua lewat Wiljan Pluim, kepala Gianluca terbentur pemain lawan.

Usai pertandingan, Gianluca langsung mendapat perawatan dari tim medis Persis Solo. Kini, Gianluca disiapkan agar bisa tampil dalam pertandingan melawan RANS Nusantara FC.

Baca Juga

Dokter tim Persis Solo, dr. Iwan Wahyu Utomo, mengatakan Gianluca tak mengalami cedera yang bisa membuatnya absen lama. Gianluca mengalami trauma kepala dengan kategori ringan.

"Dia (Gianluca) telah mendapatkan pertolongan ketika di ruang ganti. Kondisinya sudah berangsur membaik," dr. Iwan Wahyu Utomo, Selasa (7/3/23).

Baca Juga

Selain Gianluca, Persis Solo memantau kesiapan Abduh Lestaluhu. Pria yang juga anggota aktif TNI Angkatan Darat itu ternyata absen karena mengalami plantar fasciitis.

Plantar Fasciitis merupakan peradangan yang terjadi pada jaringan di bawah kaki yang membentang dari tumit hingga jari kaki. Biasanya, penderita plantar fascitis akan mengalami sakit pada bagian tumit hingga kesakitan saat berjalan.

Dr. Iwan mengatakan Abduh Lestaluhu harus istirahat selama sepekan karena plantar fasciitis ini. Namun, Abduh tetap coba diusahakan agar bisa bertanding.

"Kita akan mengusahakan untuk siap sebelum menghadapi RANS Nusantara pada Jumat (10/3/23). Semua pilihan akan tergantung kepada pelatih," tutur dr. Iwan.

Baca Juga

1. Fokus Hadapi RANS Nusantara FC

Pertandingan Liga 1 antara PSM Makassar vs Persis Solo di Stadion B.J. Habibie, Parepare, Minggu (5/3/23). (Foto: Persis Solo)

Andai Abduh masih belum bisa tampil, Persis Solo punya Eky Taufik. Mantan kapten Persela Lamongan ini menjadi sosok tunggal pengganti Abduh di sektor bek kiri selama dia menjalani sanksi dari Komdis PSSI.

Sementara untuk sisi bertahan secara keseluruhan, Persis Solo akan ketambahan amunisi lagi. Jaimerson Xavier yang absen melawan PSM Makassar bisa bermain melawan RANS Nusantara FC.

Kembalinya Jaime membuat pelatih Persis Solo, Leonardo Medina, semakin yakin memasang formasi tiga bek tengah. Formasi ini menjadi andalan Persis Solo dalam beberapa laga terakhir di Liga 1.

Masalah justru hadir ketika Fernando Rodriguez dipastikan absen. Penyerang asal Spanyol ini harus menepi satu pertandingan karena akumulasi kartu kuning.

Fernando yang kerap mendapat kritik tampil moncer dalam tiga partai terakhir. Fernando selalu mencetak sebiji gol di setiap laga hingga koleksi gol musim ini menjadi tujuh.

Baca Juga

Persis Solo kemungkinan besar bakal memasang Ferdinand Sinaga sebagai penyerang tunggal. Pada tahun ini, Ferdinand sudah jadi langganan starting eleven dalam tujuh pertandingan.

Leonardo Medina berharap timnya bisa lebih konsisten dalam hal fokus selama pertandingan. Kekalahan atas PSM Makassar wajib menjadi pembelajaran.

Baca Juga

"Kita harus fokus dan bisa memenangkan pertandingan selanjutnya (lawan RANS)," ucap Leonardo.

Saat ini, rombongan tim Persis Solo sudah berada di Bogor. Mereka sengaja tak pulang ke Solo, setelah menghadapi PSM Makassar di Parepare.

Rans Nusantara FCPersis SoloLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini