x

Curhat Pilu Bek Timnas Indonesia U-20 Terkait Rumor Batalnya Piala Dunia U-20

Selasa, 28 Maret 2023 17:25 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pertandingan antara Timnas Indonesia U-20 vs Iraq U-20 pada laga AFC U20 Asian Cup di Stadion Lokomotiv (Toshkent), Rabu (01/03/23). (Foto: PSSI)

FOOTBALL265.COM - Kepastian Indonesia untuk tetap jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 sedang dalam situasi pelik. Rumornya, FIFA akan membatalkan kejuaraan dan memindahkan ke negara lain.

Situasi ini bermula ketika FIFA telah membatalkan drawing pembagian grup Piala Dunia U-20 2023 yang seharusnya berlangsung 31 Maret nanti di Bali.

Pembatalan drawing Piala Dunia U-20 2023 disinyalir menyusul ramainya penolakan tim Israel bertanding saat Piala Dunia U-20 tahun 2023 pada 20 Mei - 11 Juni mendatang.

Penolakan itu, dinilai melanggar kesepakatan dengan FIFA karena PSSI dan pemerintah telah menjamin tim mana pun bisa bermain di Indonesia melalui Government Guarantee pada Februari 2022.

Baca Juga

Buntut dari hal tersebut, muncul desas-desus, diantaranya Piala Dunia U-20 di Indonesia akan dibatalkan, lalu dipindahkan ke Peru. Lalu ada juga Qatar dan Argentina yang siap jadi tuan rumah apabila Indonesia gagal menggelar turnamen itu.

Kondisi ini pun membuat mental pemain Timnas Indonesia U-20 terguncang. Salah satu bek sayap skuad Garuda Nusantara, Dony Tri Pamungkas mengatakan bisa sangat kecewa apabila kejuaraan yang sudah di depan mata terpaksa dibatalkan.

Baca Juga

Menurut Doni, mereka sudah bersiap sejak lama tahun lalu. Latihan baik di dalam maupun luar negeri juga sudah dilakukan, karenanya akan sia-sia apabila tidak bisa bertanding.

"Tentunya kecewa karena persiapan sudah lama, malah dibatalin," tuturnya secara singkat.

Jika Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia dibatalkan dan dipindah ke negara lain, maka sudah pasti Dony Tri dan rekan-rekannya tidak bisa berpartisipasi. Timnas U-20 dapat tiket ke babak utama itu lewat jalur tuan rumah.

Baca Juga

1. Hokky Caraka Kirim Pesan

Acara Satu Hati untuk Garuda yang dihadiri pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong, Dirtek PSSI Indra Sjafri dan pemain Hokky Caraka di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Senin (20/03/23).Acara ini sebagai bentuk dukungan untuk Timnas Indonesia U-20 yang aka

Sementara itu, striker Timnas U-20, Hokky Caraka melalui unggahan story di akun Instagram pribadinya (kini telah dihapus) menyebut batalnya Piala Dunia U-20 2023 sama saja membunuh mimpi anak-anak bangsa.

“Berjuang untuk kemerdekaan negara-negara lain, tetapi kalian semua merusak mimpi-mimpi anak-anak bangsa. Mimpi indah kawan semoga bertemu kembali,” tulis Hokky Caraka.

Baca Juga

Pelatih Timnas U-20, Shin Tae-yong sudah mengetahui rumor soal Piala Dunia U-20 2023. Dia berharap isu tersebut tidak terjadi karena akan merugikan sepak bola Indonesia.

"Saya sudah mendengar masalah drawing dibatalkan. Memang saya juga gelisah dan sangat disayangkan," ujarnya.

"Tapi saya berharap Pildun berjalan lancar di Indonesia, apalagi untuk kemajuan sepak bola Indonesia, itu penting," tuntas Shin Tae-yong.

Baca Juga

Juru taktik 52 tahun itu memastikan akan terus lalukan persiapan meski ada rumor Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia dibatalkan. Itu karena belum ada informasi resmi dari FIFA.

Saat ini ada 29 pemain yang dipanggil ke pemusatan latihan di Jakarta. Mereka berlatih bersama tim senior yang sedang berkumpul untuk FIFA match day lawan Burundi. 

FIFAPiala Dunia U-20Bola InternasionalPiala Dunia U-20 2023Timnas Indonesia U-20

Berita Terkini