x

Indra Sjafri Pastikan Pratama Arhan dan Marselino Gabung Timnas U-22 di SEA Games

Kamis, 13 April 2023 00:33 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Subhan Wirawan
Bintang Timnas U-20, Marselino Ferdinan saat Lakoni Uji Coba di Turki

FOOTBALL265.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri memastikan dua pemain abroad yakni Pratama Arhan dan Marselino Ferdinan akan ikut skuad SEA Games 2023. Dia keduanya akan bergabung dalam waktu dekat.

Arhan dan Marselino akan bergabung terakhir dengan para pemain dari Liga 1 seperti dari PSM Makassar dan Persija Jakarta. Kemungkinan mereka bergabung pekan depan ke pemusatan latihan di Jakarta.   

"Ini sudah dipastikan nanti akan ada datang Arhan dan Marselino dan pemain-pemain PSM setelah pertandingan tanggal 16 dan Persija tanggal 15. Setelah itu kita fokus dengan semua pemain yang kita panggil," ujar Indra Sjafri.

Pelatih 60 tahun itu memang masih melakukan seleksi tahap akhir sebelum menentukan 20 pemain yang dibawa ke SEA Games 2023. Tercatat masih ada 34 nama saat ini, jadi harus ada 12 nama yang dipulangkan.

Oleh sebab itu, Indra Sjafri menggelar uji coba lawan Bhayangkara FC pada Selasa (11/04/23) malam yang berkesudahan dengan skor 1-1. Nanti juga ada uji coba internasional lawan Lebanon pada 14 dan 16 April, serta satu kali uji coba lagi pada 18 April.

Baca Juga

Uji coba dilakukan untuk melihat kemampuan pemain, baik fisik, skill maupun taktikal. Setelahnya, tim pelatih Timnas U-22 akan memilih 20 pemain terbaik.

"Ini uji coba pertama kami, 22 pemain yang ada kami sudah lihat, mereka bermain selama 90 menit dan kami melakukan pergantian pemain di semua lini," kata Indra Sjafri soal laga lawan Bhayangkara FC.

Baca Juga

Indra Sjafri ingin mencari pemain yang fleksibel atau bisa bermain lebih dari satu posisi. Itu karena kuota yang dibawa sangat minim, sehingga perlu pemain yang siap ditempatkan dimana pun.

"Pelan-pelan akan kami perbaiki di beberapa hal, terutama beberapa posisi akan kita cari siapa pemain paling pas di posisi tersebut," jelasnya.

"Ada beberapa catatan yang harus kita perbaiki dan mungkin juga ada beberapa pemain yang harus kita reposisi dan sebagainya," tambah Indra Sjafri.

Baca Juga

1. Target Emas

Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri. (Foto: PSSI)

Untuk uji coba berikutnya lawan Kamboja, target utama Timnas U-22 adalah menguji taktik dan strategi. Itu penting, karena SEA Games 2023 sudah di depan mata.

"Sasaran uji coba, pertama kami akan membuat suatu game plan di setiap pertandingan yang akan kami persiapkan nanti di SEA Games,"

"Yang kedua, kami akan mencoba mulai memilih pemain-pemain yang di mana kita hanya 20 pemain yang akan kita bawa ke SEA Games sedangkan sekarang kita punya 34 pemain dan harus cari pemain terbaik," ucap eks pelatih Bali United itu.

Baca Juga

"Inilah guna dari uji coba nanti yang akan kami laksanakan di tanggal 14, 16 dan 18," tuntas Indra Sjafri.

Pada SEA Games 2023, Timnas U-22 Indonesia ditargetkan meraih emas. Di edisi sebelumnya pada 2019 lalu, skuad Garuda Muda yang dilatih Shin Tae-yong Indonesia hanya meraih medali perunggu. 

Skuad Garuda Muda berada di Grup A bersama Kamboja, Filipina, Timor Leste dan Myanmar. Pertandingan perdana dijadwalkan pada 29 April melawan Filipina.

Indra SjafriSEA GamesTimnas IndonesiaBola InternasionalTimnas Indonesia U-22Marselino FerdinanPratama ArhanSEA Games 2023

Berita Terkini