x

Liga Champions Asia dan Penantian Juara 6 Tahun Urawa Red Diamonds

Kamis, 27 April 2023 15:12 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Wakil Jepang, Urawa Red Diamonds akan melakoni laga final Liga Champions Asia 2022 melawan wakil Arab Saudi, Al Hilal.

FOOTBALL265.COM - Wakil Jepang, Urawa Red Diamonds akan melakoni laga final Liga Champions Asia 2022 melawan wakil Arab Saudi, Al Hilal. 

Sepanjang sejarah, hanya enam tim asal Jepang yang pernah jadi tim terbaik di Asia. Lima klub di antaranya pernah satu kali jadi juara Asia.

JEF United Chiba, Tokyo Verdy, dan Jubilo Iwata sekali jadi juara Asian Club Championship, sedangkan Gamba Osaka dan Kashima Antlers sekali jadi juara Liga Champions Asia yang mulai bergulir pada 2002 lalu.

Satu-satunya tim asal Negeri Sakura yang pernah jadi juara Asia dua kali adalah Urawa Red Diamonds. Urawa Reds jadi juara Liga Champions Asia pada 2007 dan 2017, serta jadi runner-up pada 2019 lalu.

Dalam gelaran Liga Champions Asia 2022 yang kini memasuki babak final, Urawa Reds kembali masuk partai puncak, menjadikan mereka tim asal Jepang pertama yang masuk final kompetisi tertinggi Asia empat kali.

Baca Juga

Pada tahun 2007 lalu, Urawa Reds jadi juara dengan mengalahkan tim asal Iran, Sepahan, di partai puncak. Imbang 1-1 di kandang Sepahan, lalu menang 2-0 di kandang sendiri dalam dua leg final.

Lalu pada 2017, Setan Merah menang melawan wakil Arab Saudi, Al-Hilal, dengan imbang 1-1 di leg pertama dan menang 1-0 di leg kedua. Pemain Urawa Reds, Yosuke Kashiwagi, juga terpilih jadi Pemain Terbaik turnamen.

Baca Juga

Sedangkan pada tahun 2019, Urawa Reds harus rela mengakui keunggulan Al-Hilal, kalah 0-1 saat tandang dan kalah 0-2 di kandang sendiri dalam laga puncak.

Musim 2022, Urawa Reds lolos ke Liga Champions Asia berkat gelar juara Piala Kaisar Jepang 2021, lalu jadi runner-up Grup F di bawah Daegu FC (Korea Selatan) untuk lolos ke fase gugur.

Urawa Reds lalu menyingkirkan Johor Darul Ta'zim (Malaysia), BG Pathum United (Thailand), dan Jeonbuk Hyundai Motors (Korea Selatan) di fase gugur untuk bisa melaju ke partai final.

Baca Juga

1. Jumpa Lagi Al Hilal

Klub Liga Jepang, Urawa Reds. Foto: Dok. J-League

Di final, mereka sudah ditunggu sang rival asal Arab Saudi yang sudah bertemu dua kali di partai puncak Liga Champions Asia, Al-Hilal.

Partai final kompetisi sepak bola LIga Champions Asia 2022/23 ini sendiri menggunakan format dua leg dengan sistem kandang dan tandang.

Al Hilal sendiri akan menjadi pihak pertama yang berstatus tuan rumah dan menjamu Urawa Red Diamonds pada 30 April 2023 mendatang pukul 00:30 WIB dini hari.

Setelahnya, gantian Urawa Red Diamonds yang menjadi tuan rumah dan menjamu Al Hilal pada 6 Mei 2023 pukul 16:00 WIB mendatang.

Baca Juga

Andai bisa melewati hadangan sang rival, Urawa Red Diamonds akan mendapatkan bintang ketiga mereka di Asia. Apakah tim asal Saitama ini mampu melakukannya? Kita tunggu saja!

Liga Champions AsiaBola InternasionalAl-HilalUrawa Reds

Berita Terkini