x

Liga 1: 3 Keuntungan Mempertahankan Jaimerson Xavier bagi Persis Solo, Prestasi?

Rabu, 17 Mei 2023 21:05 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
Duel udara striker Persija Jakarta, Abdulla Yusuf dengan dua bek Persis Solo, yakni Fabiano Beltrame dan Jaimerson da Silva pada laga Liga 1 di Stadion Patriot Candrabhaga, Minggu (31/07/22).

FOOTBALL265.COM - Keputusan Persis Solo mempertahankan Jaimerson Xavier sangat bisa diterima. Meski dari segi usia sudah tak lagi muda, setidaknya ada tiga faktor yang bisa menguntungkan mereka.

Jaimerson resmi diumumkan sebagai pemain asing kedua yang akan diandalkan di Liga 1 2023-2024. Dia mendapatkan perpanjangan kontrak selama semusim.

Bek asal Brasil ini menyusul Alexis Messidoro yang terlebih dulu mendapat perpanjangan kontrak. Pengumuman ini sekaligus membantah rumor Jaimerson hengkang ke klub lain di Liga 1.

Perpanjangan kontrak ini menjadi sebuah hal yang logis. Jaimerson merupakan salah satu bek yang tampil bagus di Liga 1 musim lalu, meski harus dua kali keluar lapangan karena diganjar kartu merah.

Berikut tiga hal yang dirangkum INDOSPORT berkaitan dengan Jaimerson. Bek berpostur 1,85 meter ini memiliki paket lengkap untuk membantu Persis Solo berprestasi.

Baca Juga

1. Tak Butuh Adaptasi

Persis menyadari bahwa perombakan skuat bukanlah budaya dari tim besar. Makanya, mereka memilih untuk mempertahankan mayoritas skuat lama meski godaan pemain baru berdatangan.

Keuntungan mempertahankan pemain lama adalah efektivitas waktu. Para pemain maupun pelatih tidak lagi membutuhkan waktu untuk beradaptasi.

Baca Juga

Situasi ini yang kemungkinan menjadi pertimbangan kuat Persis Solo untuk mempertahankan Jaimerson Xavier. Total dia bermain 26 kali sepanjang musim lalu.

Jaimerson tinggal memanfaatkan waktu sebulan lebih untuk klop dengan tandem barunya di Liga 1 2023-2024. Hingga Rabu (17/5/23), Persis belum mengumumkan nama bek tengah baru, namun latihan tim akan dimulai pada Sabtu (20/5/23).

Baca Juga

1. 2. Pengalaman Berprestasi

Jaimerson da Silva (Persija Jakarta)

Jaime merupakan salah satu pemain yang rutin membawa timnya masuk papan atas. Peringkat ke-10 bersama Persis Solo pada musim 2022-2023 merupakan yang paling rendah sepanjang kariernya di Indonesia.

Ketika Persis Solo memiliki ambisi masuk final four Liga 1 2023-2024, Jaime merupakan pilihan tepat. Dia pernah merasakan juara bersama Persija di Liga  2018.

Lalu, bersama Madura United, Jaime dan timnya berada di peringkat ke-5 Liga 1 2019. Pengalaman berprestasi ini menjadi modal untuk membawa Persis Solo mencapai posisi lebih baik.

Baca Juga

Musim lalu, performanya juga tak bisa dibilang jelek. Jaimerson Xavier masuk ke dalam kandidat pemain terbaik Persis Solo di Liga 1 2022-2023.

Selain mencetak dua gol dan satu assist, Jaimerson membuat 117 intersep, 53 sapuan, dan melepaskan 874 operan sukses dari total 973 kali.

Baca Juga

Kemampuan Jaimerson dibutuhkan pelatih Leonardo Medina Arellano dalam mengembangkan formasi tiga bek. Sistem bermain ini menginginkan bek tak sekadar bisa bertahan, melainkan juga dituntut lihai menguasai bola.

Tak ketinggalan adalah sepakan bebas mematikannya. Jaimerson punya cannon ball yang kerap menjebol gawang lawan, seperti yang dia lakukan ke gawang Persib Bandung.


2. 3. Berbahasa Indonesia

Jaimerson da Silva Xavier dalam jumpa pers.

Jaimerson Xavier merupakan salah satu pemain asing yang sudah bisa memahami dan menggunakan bahasa Indonesia. Meski terkadang penyusunan katanya belum rapi, sejatinya orang Indonesia sangat bisa memahami maksud kalimatnya.

Kemampuan bahasa ini menjadi keunggulan penting bagi seorang pemain asing. Banyak yang datang ke Indonesia bermodalkan prestasi mentereng, namun gagal bermain bagus di Indonesia karena terkendala bahasa.

Jaime punya modal itu. Dia bisa menjadi komando permainan, terutama di lini pertahanan. Ketika nanti ada pemain Brasil atau Portugal yang bergabung, dia juga bisa merangkap penerjemah kemauan pelatih dan rekan setim.

Kemampuan ini berhubungan dengan poin pertama ketika Jaime tak butuh waktu untuk beradaptasi. Dia bisa melakukannya dengan cepat, termasuk dengan muka baru berkat bahasa Indonesia.

Persis SoloLiga 1Jaimerson da Silva XavierBola IndonesiaBerita Liga 1One Football

Berita Terkini