x

Profil Ryan Kurnia, Tolak Tawaran 3 Klub Semata-mata demi Seragam Persib

Sabtu, 3 Juni 2023 15:45 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Indra Citra Sena
Pemain Persib Bandung, Ryan Kurnia, menjalani tes kesehatan jelang latihan bersama untuk persiapan Liga 1 2023-2024. (Foto: Media officer Persib)

FOOTBALL265.COM - Ryan Kurnia menjadi salah satu rekrutan anyar Persib Bandung, untuk persiapan mengarungi Liga 1 Indonesia 2023-2024 yang bakal bergulir mulai 1 Juli mendatang.

Pengumuman bergabungnya Ryan Kurnia dirilis manajemen Persib pada Rabu (3/5/23). Pemain berusia 26 tahun ini menjadi rekrutan pertama Maung Bandung untuk mengarungi musim 2023-2024.

Manajemen Persib memberikan kontrak berdurasi dua tahun kepada Ryan. Perekrutan sang pemain sesuai dengan rekomendasi yang diberikan tim pelatih.

Sebelum bergabung dengan Persib, Ryan Kurnia ternyata sempat mendapat tawaran dari tiga kontestan Liga 1 lain, yakni Barito Putera, Persija Jakarta, dan Persebaya Surabaya.

Namun, Ryan Kurnia memutuskan untuk menolak tawaran tiga klub tersebut dan memilih bergabung dengan tim kebanggaan Bobotoh untuk mengarungi Liga 1 2023-2024.

Baca Juga

"Ada tawaran dari Persija, Persebaya, sama ada dari Barito juga," kata Ryan Kurnia seputar kepindahannya ke Persib Bandung beberara waktu lalu.

Ryan mengungkapkan alasannya memilih Persib sebagai tim barunya untuk mengarungi Liga 1 2023-2024. Padahal, Persija dan Persebaya juga punya embel-embel klub raksasa di Indonesia.

Menurut Ryan, sebagai orang Jawa Barat pasti ada kebanggaan tersendiri bisa memperkuat skuat Maung Bandung. Selain itu, Persib sudah jauh-jauh hari berminat untuk merekrutnya.

Baca Juga

Sehingga, saat kontraknya dengan Persikabo 1973 selesai, Ryan langsung merespons tawaran untuk bergabung dengan Persib menjelang kick-off Liga 1 2023-2024.

"Karena Persib tim yang legend dan saya asli Bogor. Melihat Persib seperti apa sebagai putra Jabar, Persib adalah tim besar dan saya sangat bangga jika ada tawaran dari Persib," ungkap Ryan.

"Saat Liga 1 putaran pertama selesai dapat komunikasi dari Persib. Saat itu masih nunggu dulu musim beres, soalnya masih dikontrak Persikabo," jelasnya.

Baca Juga

1. Reuni PON 2016

Pemain Persib Bandung, Ryan Kurnia, menjalani tes kesehatan jelang latihan bersama untuk persiapan Liga 1 2023-2024. (Foto: Media officer Persib)

Ryan sendiri dikabarkan merupakan salah satu pemain jebolan Diklat Persib. Terkait rumor tersebut, pemain yang sempat memperkuat Arema FC ini akhirnya memberikan jawaban.

Menurutnya, dia belum pernah menimba ilmu di Diklat Persib, hanya saja saat persiapan Tim Sepakbola Jawa Barat menuju PON 2016 di Jawa Barat, dia sempat diperbantukan ke Diklat Persib untuk uji coba dengan Persib.

"Nah itu banyak perumoran saya di Diklat, saya belum pernah di Diklat. Waktu saya di PON, ada uji coba Diklat vs Persib, karena anak-anak Diklat tidak lengkap, saya mengisi kekosongan itu. Arahan dari coach," jelasnya.

Baca Juga

Bergabung dengan Persib, menjadi ajang reuni juga bagi Ryan bersama beberapa pemain yang dulu sempat berada satu tim baik ketika di tim PON Jabar maupun Persikabo.

Pemain PON Jabar yang saat ini bermain untuk Persib, yakni Febri Hariyadi, Henhen Herdiana dan Abdul Aziz. Sedangkan, mantan Persikabo yang ada di skuad Maung Bandung, yakni Ciro Alves.

Baca Juga

"Kalau reuni, memang dari PON memang sudah kenal mereka. Dan saya senang bisa satu tim lagi dengan mereka," ujar Ryan Kurnia. 

"Kemudian senang bisa bermain dengan Ciro lagi, karena Ciro pemain yang bagus dan baik. Dan selalu memotivasi saya dulu untuk menjadi yang terbaik," tegasnya.


2. Statistik Musim Lalu

Selebrasi pemain Persikabo 1973, Ryan Kurnia usai akselerasinya berbuah gol bunuh diri ke gawang PSS Sleman pada pekan ke-10 Liga 1 di Stadion Pakansari, Kamis (15/09/22).

Sementara itu, sebelum bergabung dengan Persib untuk kompetisi Liga 1 2023-2024, musim lalu Ryan Kurnia bermain untuk Persikabo 1973.

Selama kompetisi Liga 1 musim 2022-2023, Ryan menjadi salah satu pemain andalan Persikabo, tercatat dia tampil dalam 30 pertandingan dari 34 laga di musim tersebut.

Selain itu, Ryan Kurnia juga menyumbangkan empat gol dan lima assist di Persikabo saat mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2022-2023, dengan mengumpulkan 1.583 menit bermain.

Sebelumnya, pemain berusia 26 tahun tersebut sudah sempat memperkuat beberapa klub di Indonesia, diantaranya PSGC Ciamis, Martapura FC, Persita Tangerang, Sulut United, hingga Arema FC.

Ryan merupakan pemain kelahiran Bogor, 28 Juni 1996 dan merupakan pemain yang biasa bermain di sisi kanan lapangan. Meskipun demikian, dia juga bisa dimainkan sebagai pemain sayap kiri.

Dengan demikian, bergabungnya Ryan Kurnia ke skuad Maung Bandung membuat pelatih Persib, Luis Milla akan memiliki banyak opsi pemain di posisi tersebut saat menghadapi kompetisi Liga 1 2023-2024.

Persib BandungLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1Persikabo 1973One FootballRyan Kurnia

Berita Terkini