x

3 Kelebihan Alberto Rodriguez, Bek Spanyol yang Bisa Bawa Persib Juara Liga 1

Senin, 12 Juni 2023 15:24 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Penyerang baru Persib Bandung, Alberto Rodriguez Martin. (Foto: Instagram@albertorguezmartin)

FOOTBALL265.COM – Usai diperkenalkan sebagai rekrutan terbaru Persib, bek Spanyol yakni Alberto Rodriguez punya sejumlah kelebihan yang membuatnya bakal jadi pilar Maung Bandung untuk raih juara Liga 1 musim depan.

Jelang bergulirnya Liga 2 musim 23/24, Persib Bandung akhirnya meresmikan Alberto Rodriguez Martin sebagai pemain asing terakhir mereka di bursa transfer.

Sebelum resmi menggaet Alberto Rodriguez, skuad Persib sudah lebih dulu memiliki lima pilar asing yakni David da Silva dan Ciro Alves asal Brasil, Nick Kuipers (Belanda), Daisuke Sato (Filipina), serta Tyronne del Pino (Spanyol).

Kabar peresmian Alberto Rodriguez disampaikan Persib melalui akun media sosial mereka pada Minggu (11/06/24) lalu.

Manajemen Persib, melalui Deputi CEO PT Persib Bandung Bermartabat, Teddy Tjahjono, mengatakan kontrak Rodriguez berdurasi satu tahun dengan opsi perpanjangan.

Baca Juga

Selain itu, perekrutan Rodriguez pada bursa transfer musim 2023-2024 merupakan rekomendasi dari pelatih Persib, Luis Milla.

Kehadiran Alberto Rodriguez diharapkan bisa menambal celah di lini pertahanan Persib yang sepanjang musim lalu tampil kurang maksimal.

Baca Juga

"Pelatih Luis Milla membutuhkan bek tengah untuk memperkuat lini pertahanan Persib dan merekomendasikan nama pemain ini," kata Teddy Tjahjono, Minggu (11/06/23).

Melihat dari rekam jejak kariernya, Alberto Rodriguez belum pernah menjajaki kompetisi di Asia dan Persib adalah klub debutnya di luar Spanyol.

Meski belum pernah bermain di Indonesia, namun Alberto Rodriguez punya beberapa kelebihan yang membuatnya bisa jadi sosok penting dalam membantu Persib menjuarai Liga 1 musim depan.

Berikut INDOSPORT coba merangkum, tiga kelebihan Alberto Rodriguez yang jadi rekrutan asing terakhir Persib di Liga 1:

Baca Juga

1. Postur Tubuh Tinggi

Persib latihan perdana untuk hadapi Liga 1 202-2024, di Stadion Persib, Jalan Ahmad Dhani, Kota Bandung, Senin (05/06/23).

Alasan pertama adalah postur tubuh sang pemain yang cukup tinggi dan berada di atas rata pemain asing di Liga 1 Indonesia.

Melansir dari laman Transfermakt, diketahui bahwa Alberto Rodriguez mempunyai tinggi mencapai 191 cm.

Dengan keunggulan postur tubuh tersebut, Alberto Rodriguez dipastikan bakal mudah memenangi duel udara dan membantu Persib terhindar dari gol-gol crossing lambung.

Selain itu, postur tinggi Alberto Rodriguez juga membuatnya bisa diandalkan dalam membantu serangan, terutama dari situasi bola mati.

Terbukti, sepanjang musim 22/23 lalu Alberto Rodriguez mampu mencetak tiga gol dari total 36 pertandingan di kasta kedua Liga Spanyol bersama CD Lugo.

Baca Juga

Kaya Pengalaman di Eropa
Berikutnya adalah pengalaman Alberto Rodriguez yang sangat kaya di kompetisi Eropa, khususnya di Liga Spanyol sebagai tempat kelahirannya.

Tercatat, Alberto Rodriguez yang memulai karier sepakbola profesionalnya tahun 2011 lalu, sudah malang melintang di Liga Spanyol dengan memperkuat klub Villarrubia CF, UD Tamaraceite, Arucas CF, UD Tamaraceite hingga CD Lugo yang bertahan sampai musim lalu.

Baca Juga

Dengan pengalaman main di Eropa yang banyak tersebut, Alberto Rodriguez bakal bisa bersinar bersama Persib lantaran sistem kompetisi di Spanyol jauh lebih baik ketimbang Indonesia.

Kehadiran para pemain top Eropa memang berhasil berikan dampak positif buat klub Indonesia.

Seperti yang dirasakan Persija musim lalu, di mana perekrutan Ondrej Kudela sukses membuat Macan Kemayoran finish sebagai runner up Liga 1.

Baca Juga

2. Chemistry dengan Pelatih

Pelatih Persib Bandung, Luis Milla.

Alasan terakhir mengapa Alberto Rodriguez bakal jadi pilar penting buat Persib di Liga 1 adalah, faktor kecocokannya dengan pelatih Luis Milla.

Seperti diketahui, bahwa Luis Milla dan Alberto Rodriguez sama-sama berasal dari Spanyol sehingga komunikasi keduanya dipastikan tak akan mendapat kendala.

Dengan komunikasi yang lancar, Alberto Rodriguez bisa dengan mudah menerjemahkan skema permainan yang diinginkan Luis Milla buat Persib di Liga 1 musim depan.

Selain itu, Alberto Rodriguez juga merupakan pemain yang diinginkan sendiri oleh Luis Milla, sehingga sang pelatih sudah paham benar akan kualitas bek barunya itu.

Persib BandungLiga 1Alberto Rodriguez Martin

Berita Terkini