x

Cesc Fabregas Resmi Pensiun, Langsung Jadi Pelatih Klub Milik Orang Indonesia

Minggu, 2 Juli 2023 05:18 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Cesc Fabregas resmi ke Como FC. Foto: Instagram@comofootball

FOOTBALL265.COM - Mantan gelandang andalan Arsenal dan Chelsea yaitu Cesc Fabregas baru saja resmi mengumumkan pensiun sebagai pemain sepak bola profesional.

Cesc Fabregas mengumumkan pensiun lewat unggahan di akun Instagram pribadinya pada Sabtu (01/07/23) malam WIB. Ia resmi gantung sepatu di klub kasta kedua Liga Italia (Serie B), Como 1907 pada usia 36 tahun.

"Dengan sangat sedih telah tiba waktunya bagi saya untuk pensiun," kata Fabregas dalam unggahan di akun Instagram pribadinya.

“Dari hari-hari pertama saya di Barca, Arsenal, Barca lagi, Chelsea, Monaco dan Como, saya akan menghargai mereka semua."

"Dari mengangkat Piala Dunia, Euro, hingga memenangkan segalanya di Inggris dan Spanyol dan hampir semua trofi Eropa, ini merupakan perjalanan yang tidak akan pernah saya lupakan."

Baca Juga

“Semua yang telah membantu saya, rekan setim, pelatih, direktur, presiden, pemilik, penggemar, dan agen saya."

"Kepada seluruh keluarga saya, dari orang tua dan saudara perempuan saya hingga istri dan anak-anak saya, saya menghargai nasihat, bimbingan, dan bimbingan Anda. Kepada lawan saya yang mencoba menjatuhkan saya, terima kasih telah membuat saya lebih kuat," tuturnya menambahkan.

Setelah pensiun, Cesc Fabregas masih akan bekerja dengan si kulit bundar. Ia sudah menandatagani kontrak menjadi pelatih Como 1907, namun sebagai juru taktik kepala untuk tim primavera dan tim b.

Baca Juga

"Saya menjalani pengalaman yang tidak pernah saya pikirkan dalam sejuta tahun yang bahkan akan saya alami," ujar Fabregas.

"Tidak semua tentang kesedihan karena saya sekarang akan berada di samping garis putih dan mulai melatih tim B dan Primavera Como 1907. Sebuah klub dan proyek yang membuat saya sangat bersemangat," imbuhnya.

Baca Juga

1. Latih Klub Milik Pengusaha Indonesia

Cesc Fabregas resmi ke Como FC. Foto: Instagram@comofootball

Sebelum pensiun, Cesc Fabregas sempat bergabung di klub kasta kedua Liga Italia (Serie B), Como 1907 pada bursa transfer musim panas 2022 lalu.

Selama bermain satu musim bersama Como 1907, Cesc Fabregas sukses tampil dalam 17 laga dengan mengemas dua assist. Sayang, ia gagal membawa klub tersebut promosi ke Serie A karena hanya finis di posisi ke-13 klasemen musim 2022-2023.

Setelah kontraknya semusim berakhir, Cesc Fabregas memutuskan pensiun. Ia langsung mendapatkan pekerjaan dengan menjadi pelatih tim promavera dan tim b Como 1907.

Klub tersebut diketahui merupakan tim milik  konglomerat Indonesia yang juga dikenal sebagai pemilik perusahaan rokok besar yaitu Djarum.

Como ternyata juga dipimpin oleh seorang pelatih asal Indonesia dan juga legenda Timnas Indonesia yaitu Kurniawan Dwi Yulianto.

Baca Juga

Sementara itu, saat masih menjadi pemain profesional, sederet trofi telah ditorehkan oleh Cesc Fabregas.

Jurnalis ternama yakni Fabrizio Romano baru saja menuliskan cuitan di Twitter pada Sabtu (01/06/23) soal trofi yang pernah diraih oleh legenda Timnas Spanyol tersebut. Total ada 17 trofi yang pernah dirinya persembahkan bagi klub dan tim nasional.

Dalam kariernya, Cesc Fabregas sempat menjadi pemain asing termuda yang pernah mencetak gol pada Liga Inggris 2003-2004 silam (usia 17 tahun 113 hari).

Setelahnya ia dikenal sebagai salah satu gelandang tengah terbaik yang pernah mampir di kasta teratas Inggris.

Pada awal kariernya, ia kerap disebut sebagai manifestasi filosofi Arsenal dan bahkan diplot sebagai ikon sekaligus kapten tim.

Walau begitu sukses Fabregas di Liga Inggris tidak datang di delapan tahunnya bersama Arsenal namun justru saat membelot ke Chelsea setelah sempat sebelumnya hengkang ke Barcelona lebih dulu.

Baca Juga

Dengan balutan kostum biru ala Chelsea, sang playmaker menikmati masa-masa tersukses dalam bentuk trofi di Liga Inggris.

Juara Piala Dunia dan Piala Eropa bersama timnas Spanyol itu total merengkuh dua trofi Liga Inggris bersama Chelsea yang mana sekaligus menodai reputasinya di mata publik Arsenal.

Baca Juga
ArsenalCesc FabregasLiga ItaliaComo 1907Berita Liga Italia

Berita Terkini