x

Pelatih Persija Thomas Doll Dibuat Bingung Format Baru Liga 1 2023/24, tapi...

Minggu, 9 Juli 2023 12:13 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll pada laga Liga 1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (03/07/23). (Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT)

FOOTBALL265.COM - Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll, mengaku binggung dengan format baru Liga 1 Indonesia 2023-2024 yang menerapkan reguler series dan championship series, tapi dia tetap penasaran dengan hasil akhirnya.

Kompetisi Liga 1 2023-2024 dimainkan secara reguler terlebih dulu dalam 34 pertandingan mulai 1 Juli kemarin hingga 28 April 2024 dengan sistem home-away.

Lalu empat tim teratas dari reguler series akan bermain di championship series pada 4-26 Mei 2024 dengan sistem knockout, tapi dimainkan dua leg (home-away).

Di championship series, tim peringkat keempat akan melawan peringkat pertama musim reguler. Lalu, peringkat kedua akan bertemu peringkat ketiga. Pemenangnya akan berjumpa di final.

Nantinya, tim juara dan runner-up championship series berhak mendapatkan jatah tampil di kejuaraan Asia seperti Liga Champions dan Piala AFC.

Menurut Thomas Doll, sistem ini mungkin akan menarik bagi suporter, tetapi melelahkan bagi klub peserta. Sebab, 18 tim harus berjuang memperebutkan posisi empat besar jika ingin menjuarai Liga 1.

Baca Juga

Tak ada jaminan bagi klub peringkat pertama di reguler series jadi juara. Mereka bisa saja gagal dan ditebas tim peringkat di bawahnya dalam championship series.

"Sistemnya mungkin bagus bagi suporter karena tim empat besar akan bertemu di semacam mini turnamen setelan menjalani 34 pertandingan," tutur Thomas Doll.

Baca Juga

"Tapi buat saya sedikit membingungkan karena jika di musim reguler tim peringkat pertama berselisih misalnya 15 poin dengan peringkat keempat. Tapi mereka tetap punya kesempatan untuk menyingkirkan tim Anda. Sedikit aneh bagi saya," imbuhnya.

Dengan format baru, Thomas Doll merasa perjuangan tim selama 34 laga akan sia-sia, andai tersingkir di championship series Liga 1 2023/24.

Belum lagi, tim pasti mengalami masalah seperti cederanya pemain karena jumlah pertandingan yang terlalu banyak, sehingga tidak akan maksimal di championship series.

Baca Juga

Meski demikian, juru taktik asal Jerman itu juga penasaran dengan hasil akhir Liga 1 2023/24. Thomas Doll siap membawa Persija Jakarta bersaing.

"Jadi apa yang didapat selama 34 laga itu terasa sia-sia, buat saya kenapa ada format seperti ini? Tapi saya akan mengikutinya karena saya juga penasaran hal ini," tuturnya.

"Pemain setelah 34 pertandingan pasti lelah dan ada yang cedera, tapi masih harus bertanding lagi. Jadi, kita lihat saja nanti karena tahun depan baru selesai," pungkas Thomas Doll.

Saat ini, Persija Jakarta menduduki peringkat ke-11 klasemen sementara Liga 1 2023/24. Tim Macan Kemayoran baru mengemas satu poin dari satu pertandingan.

KLASEMEN LIGA 1 2023/24

Baca Juga
Persija JakartaLiga 1Bola IndonesiaThomas DollJadwal Liga 1Jadwal Persija Jakarta

Berita Terkini