x

Gebrakan Dewa United dan RANS FC, Dulu Juru Kunci Kini Melambung Tinggi

Senin, 10 Juli 2023 16:10 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Dewa United dan RANS Nusantara FC tampil menggebrak di ajang Liga 1 Indonesia 2023/2024. Foto: MO Dewa United.

FOOTBALL265.COM - Dewa United dan RANS Nusantara FC tampil menggebrak di Liga 1 Indonesia 2023/2024 setelah musim lalu berada di posisi dua terbawah klasemen.

Untuk diingat kembali, Dewa United mengakhiri Liga 1 2022/2023 di peringkat 17 dengan raihan 33 poin.

Kemudian, RANS Nusantara FC berada tepat di bawah mereka, yakni peringkat 18 dengan raihan 19 poin. Keduanya tidak lengser karena liga tidak menerapkan sistem degradasi.

Namun kini kondisi justru berbalik. Bagaimana tidak? Musim 2023/2024 baru begulir dua pekan, Dewa United dan RANS Nusantara FC sudah memimpin di posisi teratas.

Sampai tulisan ini dibuat, Dewa United berada di peringkat dua sedangkan RANS Nusantara FC menghuni puncak klasemen.

Baca Juga

Bahkan, sejauh ini hanya mereka yang berhasil menggondol poin penuh (6) dari dua matchday yang telah dilalui.

Dewa United, secara mengejutkan, melumpuhkan juara musim lalu, PSM Makassar, Sabtu (08/07/23) lalu dengan skor 2-1.

Baca Juga

Alex Martins menjadi pahlawan kemenangan Dewa United berkat golnya yang terjadi pada detik-detik akhir pertandingan.

Menariknya, sebelum PSM Makassar, pemain yang satu ini juga menjadi penentu kemenangan timnya saat menaklukkkan Arema FC, Minggu (02/07/23) melalui skor tipis 1-0.

Dengan dua gol itu Alex Martins kini bertengger di peringkat dua daftar top skor sementara. Ia berbagi tempat dengan sejumlah pemain seperti Ricky Cawor, Matheus Pato, dan Ciro Alves.

Baca Juga

1. Tampil Menggebark Awal Musim Ini

Skuad Dewa United merayakan gol ke gawang PSM Makassar pada pekan kedua Liga 1 2023/24, Sabtu (08/07/23). Foto: Dewa United.

Sementara itu, RANS Nusantara FC tampil lebih mengejutkan musim ini lantaran berhasil memuncaki klasemen sementara Liga 1 2023/2024.

Padahal, musim lalu mereka berstatus juru kunci, yang bahkan gagal memenangkan satu laga pun di lima partai terakhir mereka.

Namun pada awal 2023/2024, Paulo Sitanggang cs justru memenangkan seluruh pertandingan pada matchday pertama dan kedua.

Mereka menekuk Persikabo 1976 lewat dwigol Mitsuru Maruoka pada Senin (03/07/23), kemudian mengalahkan Bhayangkara FC 2-1.

Mitsuru Maruoka lagi-lagi mencatatkan namanya di papan skor saat berhadapan dengan Bhayangkara FC, sedangkan satu gol lainnya dicetak oleh Tavinho.

Baca Juga

Seperti Alex Martins, Mitsuru Maroka adalah pemain yang paling produktif sepanjang dua matchday awal Liga 1 2023/2024.

Pemain asal Jepang itu telah mengoleksi tiga gol dan menjadi salah satu pemuncak daftar top skor bersama Bruno Moreira dan Gustavo Almeida.

Baca Juga

Memasuki 2023/2024, para kontestan Liga 1 memang terus berbenah dan membekali skuad mereka dengan sejumlah amunisi untuk melakoni musim baru yang lebih kompetitif.

Terlebih lagi, musim ini format kompetisi sudah berubah. Tidak hanya bermain reguler, mereka juga harus tampil di Championship Series.

Demikian halnya Dewa United dan RANS Nusantara FC, yang pastinya membidik posisi yang lebih baik setelah menjadi juru kunci klasemen musim lalu.

Baca Juga

2. Berbenah dan Meramu Skuad

Rans Nusantara FC melakukan perombakan yang cukup besar untuk Liga 1 2023/2024.

Dewa United, musim 2023/2024 ini mendatangkan sejumlah amunisi baru termasuk pemain-pemain asing: Alex Martins, Dimitrios Kolovos, dan Sonny Stevens.

Mereka juga merekrut Jan Olde Riekerink, pelatih yang pernah menangani Galatasaray, Ajax, Gent, SC Heerenveen, dan masih banyak lagi.

Bicara soal kesuksesan Dewa United di awal Liga 1 2023/2024 dan mengalahkan tim kuat seperti PSM Makassar, Jan Olde Riekerink pun buka suara.

Selain memanfaatkan kelemahan lawan, menurutnya kunci keberhasilan Dewa United menekuk PSM Makassar adalah sabar dan mengendalikan tempo permainan.

Selain Alex Martins dan rekan-rekannya sesama legiun asing, Dewa United musim ini juga diperkuat Ricky Kambuaya, Egy Maulana Vikri, dkk.

Sementara itu, RANS Nusantara FC juga tidak mau kalah dalam berburu pemain demi menyambut musim baru 2023/2024.

Bahkan, The Prestige Phoenix hanya mempertahankan sedikit pemain lamanya dan memilih mengisi skuad mereka dengan amunisi-amunisi baru.

Sebut saja Paulo Sitanggang, KH Yudo, Erwin Ramdani, Dallen Doke, Try Hamdani, Samsul Arifin, dan masih banyak lagi.

Perombakan besar-besaran ini pun membuahkan hasil, RANS Nusantara FC memulai langkah mereka di Liga 1 2023/2024 dengan poin sempurna. 

Untuk pos pelatih utama, diisi oleh eks juru taktik Arema FC asal Portugal yang sudah berpengalaman, Eduardo Almeida. 

Rans Nusantara FCLiga IndonesiaLiga 1Dewa United FCIndepth

Berita Terkini