x

Kondisi Tim Compang-camping, Arema FC Minder Jelang Kontra Persis Solo

Sabtu, 29 Juli 2023 15:45 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Prio Hari Kristanto
Arema FC menatap jadwal lanjutan pekan ke-5 Liga 1 2023/2024 dengan lebih realistis, saat menantang Persis Solo di Stadion Sriwedari, Minggu (30/07/23).

FOOTBALL265.COM - Arema FC menatap jadwal lanjutan pekan ke-5 Liga 1 2023/2024 dengan lebih realistis, saat menantang Persis Solo di Stadion Sriwedari, Minggu (30/07/23).

Biasanya, tim berjulukan Singo Edan ini secara mantap selalu mengusung target poin dalam setiap laga baik home maupun away. Namun tidak untuk kali ini.

Kondisi tim yang sedang compang-camping akibat tergerusnya beberapa pemain karena cedera plus mundurnya tiga pelatih, menjadi faktor utama.

Termasuk Joko Susilo, yang kali ini hanya bersifat mendampingi tim saja. Padahal, dia sudah menyatakan mundur dari tim menyusul I Putu Gede dan Fauzal Mubaraq.

"Kami hanya akan fokus pada pertandingan, tidak ke hal lain," ucap Pelatih Arema FC, Joko Susilo dalam sesi pre-match press conferrence Sabtu (29/07/23).

Baca Juga

"Kami akan berusaha untuk bermain bagus melawan Persis Solo. Bagaimana caranya kami merebut poin penuh, minimal satu poin," ujar dia.

Kendati demikian, Gethuk, panggilan karib Joko Susilo, tak menepis adanya perbedaan terhadap ritme kerja maupun suasana Tim Singo Edan saat ini.

Baca Juga

Sudah kondisi pemain dan jajaran pelatih compang camping, tekanan mental juga semakin besar akibat belum meraih satu pun kemenangan.

"Kami sudah di puncak tekanan psikis kalau orang umum bilang. Makanya, saya tidak mau bicara. Itu saya kesampingkan," tutur Gethuk.

"Sekarang kami hanya bisa fokus pada pertandingan. Bagaimana kami harus tampil maksimal setelah kehilangan beberapa poin," lanjut dia.

Baca Juga

Masih Intip Secuil Keuntungan

Kendati terkesan pasrah dengan keadaan, tetapi Arema FC masih berusaha mengintip secuil keuntungan dalam laga menghadapi tim berjulukan Laskar Sambernyawa.

Keuntungan pertama, tentu saja karena laga itu berstatus tanpa penonton. Karena sejatinya, pertemuan Arema FC versus Persis Solo dihelat di Stadion Manahan.

Namun karena ada pertunjukkan musik, maka laga dipindah ke Stadion Sriwedari. Kapasitas yang lebih kecil dinilai tidak memungkinkan untuk menghadirkan penonton di tribun.

"(Tanpa penonton jadi) keuntungan, kalau kami memenangkan pertandingan," ujar Joko Susilo yang sempat membesut Persik Kediri periode 2020-2021 singkat.

Keuntungan lain, adalah motivasi dari aspek rekor pertemuan. Dalam sepasang laga musim lalu, Persis Solo tak pernah menang atas Arema FC.

Baca Juga

Termasuk dengan 2 uji coba periode 2015 dan 2021 lalu, Arema FC juga superior. Secara total, Arema FC menang 2 kali, imbang 2 kali dan tak kalah dalam 4 laga.

"Ya statistik itu tentu bagus untuk tim kami. Tetapi ada (jalannya) pertandingan nanti situasinya sudah tak sama, sudah berubah," Gethuk membeberkan.

"Baik aspek pemain dan pelatih, sudah berubah. Kami tak mau berjudi dengan hasil-hasil yang kemarin," pungkas pelatih Arema FC yang juga sempat menangani PSG Pati tersebut.

Baca Juga
Joko SusiloPersis SoloArema FCLiga 1Berita Liga 1

Berita Terkini