x

Klasemen dan Top Skor Piala AFF U-23: Timnas Indonesia U-23 Buka Peluang Lolos ke Semifinal

Minggu, 20 Agustus 2023 22:39 WIB
Editor: Juni Adi
Pertandingan perdana Grup B Piala AFF U-23 antara Malaysia vs Timnas Indonesia U-23, Jumat (18/08/23) malam WIB.

FOOTBALL265.COM - Timnas Indonesia U-23 membuka peluang untuk lolos ke semifinal Piala AFF U-23 usai menang atas Timor Leste 1-0 di pertandingan pamungkas Grup B.

Duel seru tersaji di pertandingan pamungkas grup B Piala AFF U-23 2023 antara Timnas Indonesia U-23 vs Timor Leste di Stadion Rayong Provincial, Thailand, pada Minggu (20/08/23) malam WIB.

Baca Juga

Skuad Garuda Muda menang dengan skor tipis 1-0 lewat gol semata wayang Ramadhan Sananta di menit ke-45. Ditargetkan menang besar, bikin permainan timnas Indonesia U-23 kurang tenang dan terkesan buru-buru.

Pasalnya sejumlah peluang emas berhasil didapat tapi beberapa kali gagal dimanfaatkan. Seperti halnya yang dimiliki Ramadhan Sananta di pertengahan babak pertama. 

Namun, Ramadhan Sananta akhirnya bisa mencetak gol di menit-menit injury time babak pertama lewat sundulan hasil dari umpan David Beckham.

Di babak kedua juga begitu. timnas Indonesia U-23 kesulitan mencetak gol tambahan akibat finishing buruk, begitu juga dengan Timor Leste.

Baca Juga

Skor 1-0 tak berubah hingga laga usai. Kemenangan ini membuat posisi timnas Indonesia U-23 naik ke peringkat ke-2 dengan 3 poin.

Sebelumnya mereka tenggelam di dasar klasemen Grup B usai kalah 1-2 dari Malaysia. Kendati demikian, nasib timnas Indonesia U-23 untuk melaju ke semifinal masih harus bergantung dengan tim lain.

Terutama Kamboja dan Filipina masing-masing dari grup A dan C. Keduanya saat ini tergabung ke dalam sebuah klasemen khusus yang berisi para runner-up dari tiga grup A, B, serta C. 

Klasemen khusus itu disebut klasemen runner-up terbaik, untuk mengisi satu slot di babak semifinal dari jalur ini. Timnas Indonesia U-23 saat ini memimpin dengan perolehan 1 poin, setelah menang atas Timor Leste.

Dibuntuti oleh Filipina dan Kamboja. Publik Tanah Air berharap Filipina dan Kamboja meraih hasil buruk di sisa pertandingan grup A dan C, agar posisi Indonesia tark tergusur dan gugur.

Baca Juga
 

1. Top Skor Piala AFF U-23

Bomber Timnas Indonesia U-23, Ramadhan Sananta merayakan gol ke gawang Malaysia di Piala AFF U-23 2023.

Sementara itu untuk daftar top skor, Indonesia mengirim satu wakilnya yaitu Ramadhan Sananta. Ia sejauh ini sudah mencetak 2 gol dari 2 pertandingan di Grup B.

Saat ini Sananta berada di puncak daftar top skorer Piala AFF U-23 bersama Sor Rotana dari Kamboja dan Fergus Tierney dari Malaysia.

Berikut daftar top skor Piala AFF U-23 2023 selengkapnya:

2 Gol

Sor Rotana (Kamboja), Fergus Tierney (Malaysia), Ramadhan Sananta (Indonesia)

1 Gol

Ean Pisey (Kamboja), Dennis Chung (Filipina), Meas Chanrith (Kamboja), Selwyn Mamon (Filipina), Chukid Wanpraphao (Thaialnd), Phodchara Chainarong (Thailand), Souphan Khambaion (Laos), Khamsa Phimmasone (Laos), Yotsakorn Burapha (Thailand), Dinh Xuan Tien (Vietnam), Nguyen Minh Quang (Vietnam).

Klasemen Piala AFF U-23 2023:

Grup A

Negara Main Poin
Thailand 2 6
Kamboja 2 4
Myanmar 2 1
Brunei Darussalam 2 0

Grup B

Negara Main Poin
Malaysia 1 3
Indonesia 2 3
Timor Leste 1 0

Grup C

Negara Main Poin
Vietnam 1 3
Filipina 1 1
Laos 2 1
Timor LesteTimnas Indonesia U-23Piala AFF U-23

Berita Terkini