x

Kedatangan David Raya ke Arsenal Bikin Aaron Ramsdale Mendadak Keringat Dingin

Rabu, 6 September 2023 18:35 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Indra Citra Sena
Kedatangan David Raya ke klub Liga Inggris (Premier League), Arsenal, diyakini akan memercikkan bumbu-bumbu persaingan dengan Aaron Ramsdale. Foto: REUTERS/David Klein.

FOOTBALL265.COM - Kedatangan David Raya ke klub Liga Inggris (Premier League), Arsenal, diyakini akan memercikkan bumbu-bumbu persaingan dengan Aaron Ramsdale.

Sejak didatangkan dari Sheffield United pada 2021 silam, Aaron Ramsdale tak tergantikan di posisi penjaga gawang utama Arsenal. Namun, tak lama lagi, kondisi tersebut diyakini akan segera berubah.

Baca Juga

Kiper anyar Arsenal, David Raya, siap meniupkan aroma persaingan kepada Aaron Ramsdale. Pemain yang didatangkan dari Brentford tersebut disebut memiliki kemampuan mumpuni, yang bisa membuatnya menjadi saingan berat Aaron Ramsdale.

Bahkan, pelatih Mikel Arteta blak-blakan mengakui dirinya siap memberi kesempatan kepada David Raya untuk menjadi kiper nomor satu Arsenal.

"Kami ingin memiliki dua pemain untuk setiap posisi. Kami mesti bersiap-siap, karena akan selalu ada pertanyaan, 'mengapa harus punya dua kiper'," ujar Mikel Arteta, dikutip dari Mirror.

"Tapi, kalau Aaron harus absen karena cedera, ini akan menjawabnya. Jadi, kami harus bersiap-siap. Kami harus proaktif."

Baca Juga

"Rasanya menyenangkan punya dua kiper hebat. Tak ada yang salah dengan ini. Kami ingin menjadi lebih baik setiap harinya, dan untuk melakukannya, lingkungan kami juga harus berubah," imbuhnya.

Lebih lanjut, Mikel Arteta menyebut jika David Raya bisa menaikkan level Arsenal dengan kualitas yang ditampilkan di atas lapangan.

"Saya sudah melihat baik-baik pemain yang kami punyai sekarang, dibandingkan dengan pemain yang kami miliki dua tahun lalu," tuturnya.

"Kalau kami ingin menjadi lebih baik, kami harus mengusahakannya. Sederhananya, dia (David Raya) bisa menaikkan kualitas permainan kami," pungkasnya.

Baca Juga

1. Statistik David Raya

Kepa Arrizabalaga dan David De Gea, dua kiper Timnas Spanyol di Piala Dunia 2018.

David Raya sendiri dikenal karena konsistensi penampilannya pada Liga Inggris 2022/2023. Kiper berusia 27 tahun ini membantu Brentford mengamankan peringkat ke-7 musim lalu.

Namun, banyak yang tidak tahu jika kiper berkebangsaan Spanyol tersebut sempat membela tim-tim semenjana Inggris sebelum bersinar bersama Brentford.

Baca Juga

David Raya tercatat pernah membela Southport FC yang bermain di kompetisi semi-amatir di Inggris. Ia kemudian diboyong Blackburn Rovers untuk turun di kasta kedua dan ketiga.

Setelah empat musim membela Blackburn Rovers, David Raya lantas dipinang Brentford pada 2019 yang saat itu masih bermain di kasta kedua alias Championship Division.

Sebelum berlabuh ke Arsenal, David Raya bahkan sempat diincar Manchester United dan Chelsea. Berdasarkan statistik, kemampuan David Raya rupanya tak jauh berbeda dengan David de Gea dan Kepa Arrizabalaga.

David Raya tercatat memiliki persentase penyelamatan 76,9 persen hingga laga ke-21 Liga Inggris musim lalu. Catatan ini rupanya lebih baik ketimbang David de Gea, yang persentase penyelamatannya "hanya" 67,5 persen di periode yang sama.

Baca Juga

Namun, Kepa Arrizabalaga rupanya masih lebih baik ketimbang David Raya maupun David de Gea. Kiper yang kini membela Real Madrid tersebut mencatat persentase penyelamatan mencapai 82,7 persen pada kurun waktu yang sama.

Dengan demikian, bisa dibilang Arsenal melakukan perekrutan bijak dengan memboyong David Raya, yang memiliki kualitas sebanding dengan kiper top seperti Kepa Arrizabalaga dan David de Gea.

Daftar Transfer Resmi Arsenal Musim 2023/2024

Pemain Masuk:

Declan Rice (West Ham United)

Kai Havertz (Chelsea)

David Raya (Brentford)

Jurrien Timber (Ajax)

Pemain Keluar:

Folarin Balogun (Monaco)

Grantx Xhaka (Bayer Leverkusen)

Ainsley Maitland-Niles (Lyon)

Matt Turner (Nottingham Forest)

Pablo Mari (Monza)

Auston Trusty (Sheffield United)

Rob Holding (Crystal Palace)

Marquinhos (Nantes)

Kieran Tierney (Real Sociedad)

Nuno Tavares (Nottingham Forest)

Albert Sambi Lokonga (Luton)

Nikolaj Moller (FC St. Gallen)

Mazeed Ogungbo (Barrow)

Ben Cottrell (NS Mura)

Omar Rekik (Wigan)

Mauro Bandeira (Colchester United)

Alex Runarsson (Cardiff)

Tom Smith (Colchester)

Arthur Okonkwo (Wrexham)

Matt Smith (Dilepas)

Joel Ideho (Dilepas)

George Lewis (Dilepas)

Tom Smith (Dilepas)

Zach Awe (Dilepas)

Kaleel Green (Dilepas)

Alexandar Kovacevic (Dilepas)

Tino Quamina (Dilepas)

Mathaeus Roberts (Dilepas)

Baca Juga
ArsenalDavid de GeaLiga InggrisKepa ArrizabalagaBerita Liga InggrisDavid Raya

Berita Terkini