x

Sudah punya Paspor, Welber Jardim Resmi Bela Timnas Indonesia di Piala Dunia U-17

Minggu, 10 September 2023 14:47 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
Pemain keturunan Brasil, Welber Jardim, dipastikan bisa membela Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023.

FOOTBALL265.COM - Pemain keturunan Brasil, Welber Jardim, dipastikan bisa membela Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023. Dia sudah merampungkan persyaratan administrasi jadi WNI. 

Sebelumnya, Welber sudah ikut TC Timnas U-17, tapi dia dilaporkan belum memiliki paspor Indonesia. Kini, urusan itu sudah rampung dan pemain 16 tahun itu sah sepenuhnya menjadi WNI. 

Baca Juga

Welber lahir di Banjarmasin, Kalimantan Selatan dari ibu asli Indonesia, sedangkan sang ayah berada dari Brasil yakni Elisangelo de Jesus Jardim yang pernah untuk Borneo FC (2004-2005), Persekaba Badung (2005-2006) dan Persiba Balikpapan.

Pelatih Timnas U-17, Bima Sakti menunjukkan foto paspor Welber yang diterbitkan 8 September 2023 oleh KBRI Brasil. Dia bersyukur karena pemain incarannya bisa dibawa ke Piala Dunia U-17 2023. 

"Alhamdulillah, untuk Indonesia," kata Bima Sakti. 

Kepastian Welber membela Timnas U-17 juga disambut antusias ketua umum PSSI, Erick Thohir. Dia berharap, anak muda itu bisa bawa tim Garuda Asia berprestasi. 

Baca Juga

"Welberlieskott de Halim Jardim, diaspora muda Indonesia yang bermain di Sao Paolo Brasil akan bergabung dengan tim U-17 dan berlaga di Piala Dunia mendatang. Selamat bergabung Garuda muda!" tulis Erick Thohir di Instagram-nya. 

Welber berposisi sebagai bek kanan, tapi bisa juga berperan sebagai gelandang bertahan tersebut. Dia jadi satu-satunya pemain keturunan yang membuat pelatih Bima Sakti kepicut. 

Baca Juga

1. Bima Sakti Membutuhkan Welber Jardim

Starting eleven Timnas Indonesia U-17 dalam laga uji coba melawan Korsel U-17 di Stadion Patriot, Bekasi, Rabu (30/08/23).

Bima Sakti mengaku puas dengan kualitas penampilan yang ditunjukkan Welber Jardim selama latihan di Bali, Solo dan Jakarta beberapa waktu lalu. 

"Selama ini hanya Welber Jardim yang punya kualitas di atas rata-rata pemain kita. Dan memang Brazilian banget mainnya, kelas gitu. Jadi kontribusinya besar di tim. Selama ini baru dapat satu atas nama Welber," ujar pelatih 47 tahun itu. 

Baca Juga

Saat ini, Welber tengah berada di Brasil dan membela klubnya, Sao Paulo. Dia termasuk pemain yang akan dipanggil saat Timnas U-17 jalani TC di Jerman bulan ini. 

Indonesia akan tampil di Piala Dunia U-17 2023 sebagai tuan rumah pada 10 November - 2 Desember. Indonesia menggantikan posisi Peru yang menurut FIFA belum siap menjadi tuan rumah.

PSSI menyiapkan empat venue untuk turnamen tersebut yakni Stadion JIS (Jakarta), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion Si Jalak Harupat (Bandung).

Ini akan jadi pertama kalinya Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia U-17 dan menjadi negara Asia Tenggara perdana yang menjadi tuan rumah ajang ini.

Baca Juga
Piala Dunia U-17Bima SaktiWelberlieskott de Halim JardimBerita Timnas IndonesiaTimnas Indonesia U-17

Berita Terkini