x

Bedah Kualitas Aaron Hickey, Bek Idaman Liverpool dengan Skill di Atas Normal

Selasa, 26 September 2023 19:10 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pmeain Brentford, Aaron Hickey (kiri). Foto: Action Images via Reuters/Andrew Boyers.

FOOTBALL265.COM - Klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, belum lama ini dikaitkan dengan bek Brentford, Aaron Hickey.

Liverpool saat bursa transfer musim panas lalu telah memfokuskan prioritas mereka pada sektor gelandang.

Alhasil, empat pemain baru pun didatangkan yakni Alexis Mac Allister, Dominik Szoboszlai, Wataru Endo, dan Ryan Gravenberch.

Meski sempat pula dikaitkan dengan pemain-pemain berposisi bek, Liverpool menutup aktivitas bursa transfer pemain mereka tanpa merekrut satu pun.

Padahal, Jurgen Klopp sempat dipusingkan dengan kondisi bek tengahnya yang kehilangan Virgil van Dijk karena hukuman kartu.

Kemudian, masalah lain muncul setelah satu-satunya bek kanan The Reds, Trent Alexander-Arnold, mengalami cedera hamstring.

Baca Juga

Liverpool sendiri memang menjadi tim dengan jumlah skuad terkecil di Premier League Liga Inggris kali ini.

Klub pun juga dikenal cukup jarang berfoya-foya di bursa transfer pemain. Bahkan, tidak jarang pemilik Liverpool disebut pelit karena tidak berbelanja banyak.

Kini, di tengah situasi ini, muncul nama Aaron Hickey yang kabarnya berpeluang diprospek Liverpool tahun depan.

Pemain yang satu ini bisa diplot sebagai deputi Trent Alexander-Arnold, namun tidak mustahil juga ditempatkan untuk peran-peran lainnya.

Baca Juga

Pasalnya, Aaron Hickey adalah pemain yang memiliki kemampuan sedikit di atas normal karena bisa dimainkan di sejumlah posisi berbeda, termasuk di dua sisi sayap.

Sebelum bergabung dengan Brentford, ia sempat bermain sebagai bek kiri. Selain itu, ia juga pernah mengisi pos gelandang dan saat ini utamanya bek di sisi kanan.

Per WhoScored, Aaron Hickey pun mencatatkan statistik yang cukup menarik, dengan rata-rata 2,2 tackles dan 1,2 clearances per pertandingan Liga Inggris.

Selain itu, ia juga mencatatkan lebih dari 90% successful passes, yang menandakan bagaimana tenangnya ia saat sedang menguasai ball possesion dalam situasi defensif.

Baca Juga

1. Aaron Hickey ke Liverpool?

Pmeain Brentford, Aaron Hickey (kiri). Foto: Action Images via Reuters/Andrew Boyers.

Kans Liverpool untuk mendatangkan Aaron Hickey pun terbuka cukup lebar mengingat ia memiliki agen yang sama dengan Andy Robertson dan Trent Alexander-Arnold.

Menurut sejumlah pemberitaan yang beredar, Liverpool akan memburu Aaron Hickey di bursa transfer musim dingin Januari ini.

Hanya saja, langkah mereka dalam perburuan bek Skotlandia ini tidak akan mudah karena satu dan sekian hal.

Namun yang paling utama adalah kebutuhan Brentford terhadap servisnya di lapangan. Apalagi, mereka baru saja kehilangan Rico Henry karena cedera panjang.

Ya, Aaron Hickey saat ini sudah menjelma sebagai salah satu pemain penting di skuad The Bees menyusul menepinya Rico Henry.

Manajer Brentford yakni Thomas Frank diyakani bakal enggan melepas bek serbabisanya tersebut, apalagi ke sesama klub Liga Inggris dan sebesar Liverpool.

Baca Juga

Mereka masih membutuhkan jasa Aaron Hickey di skuad karena Rico Henry bakal absen hingga akhir musim.

Selain itu, Liverpool juga memiliki pesaing dalam perburuan ini. Berdasarkan laporan Mirror, Manchester United, Arsenal, dan Bayern Munchen juga meminati Aaron Hickey.

Profil Singkat Aaron Hickey

Aaron Hickey lahir di Glasgow, Skotlandia, pada 10 Juni 2002. Saat ini usianya masih 21 tahun dan sudah pernah mengembara ke Liga Italia.

Sebelum di Brentford, Aaron Hickey juga mencatatkan penampilan yang cukup cemerlang di Liga Italia bersama Bologna.

Baca Juga

Bersama Bologna inilah, ia berhasil mencuri perhatian Brentford, yang kemudian mendatangkannya pada Juli 2022 lalu.

Di Brentford, Aaron Hickey bermain sebagai bek kanan selama musim 2022/2023 meski sempat absen beberapa bulan akibat cedera.

Musim lalu, pemain Timnas Skotlandia ini tampil di 26 pertandingan The Bees di Liga Inggris dan mengumpulkan lebih dari 1.900 menit bermain.

Sementara musim 2023/2024 ini, ia telah dimainkan di seluruh enam pertandingan The Bees di Liga Inggris meski tidak penuh selama 90 menit.

Sebagai informasi, Aaron Hickey saat ini masih terikat kontrak dengan Brentford hingga Juni 2026, sedangkan nilai pasarnya saat ini berada di angka 25 juta euro atau Rp410 miliar.

Baca Juga
LiverpoolLiga InggrisIndepth

Berita Terkini