x

Bedah Kekuatan 3 Negara Lawan Timnas Indonesia di Babak 2 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Selasa, 17 Oktober 2023 16:30 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Starting eleven Timnas Indonesia dalam laga Pra Piala Dunia melawan Brunei Darussalam di Stadion GBK, Kamis (12/10/23).

FOOTBALL265.COM - Meski masih menjalani leg kedua lawan Brunei Darussalam, Timnas Indonesia diprediksi bakal lolos ke babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia mampu menang mudah dengan skor telak 6-0 atas Brunei Darussalam di leg pertama pada Kamis (12/10/23) lalu.

Baca Juga

Bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong menang berkat hattrick Dimas Drajad, brace dari Ramadhan Sananta dan Rizky Ridho.

Meski menang besar, pelatih kepala Skuat Garuda yaitu Shin Tae-yong masih belum puas dengan permaina Sandy Walsh dkk.

“Tentu pertama selamat kepada para pemain atas hasil ini. Tetapi untuk jalannya laga saya tidak begitu senang,” ucap Shin Tae-yong selepas laga.

Sedangkan Pelatih Timnas Brunei Darussalam, Mario Rivera mengakui kekalahan dari Timnas Indonesia pada leg pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Usai pertandingan, Rivera mengatakan Brunei memang kalah kelas dibanding tuan rumah. Ada banyak celah yang tercipta dan itu bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Indonesia.

“Selamat untuk Indonesia karena sudah memenangkan pertandingan malam ini. Saya pikir kami di babak pertama dan kedua bermain cukup baik," kata Mario Rivera.

"Kami bertahan dengan cukup baik dan kami sudah bermain sesuai dengan rencana yang kami buat. Akan tetapi kami punya banyak celah (sehingga bisa dibobol oleh Indonesia),” ucapnya menambahkan.

Baca Juga

Kemenangan telak tersebut membuat Timnas Indonesia dipastikan lolos ke babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026. Pasalnya, Brunei Darussalam mustahil untuk balas dendam dengan menang 7-0 di leg kedua.

Pertandingan leg kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia antara Brunei Darussalam vs Timnas Indonesia bakal digelar di Stadion Sultan Hassanal Bolkiah, Selasa (17/10/23) pukul 19.15 WIB.

Bila sukses lolos ke babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia sudah ditunggu tiga tim kuat di Grup F yakni Vietnam, Filipina dan Irak. Berikut kami telah membedah kekuatan tiga negara tersebut:

Baca Juga

1. Vietnam

Pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2022 antara Vietnam vs Timnas Indonesia di Stadion My Dinh National, Hanoi, Senin (09/01/23). (Foto: PSSI)

Meski saat ini Vietnam tidak lagi dilatih oleh Park Hang-seo, bukan berarti mereka bisa dengan mudah dikalahkan oleh Timnas Indonesia.

Vietnam kerap menjadi batu sandungan bagi Timnas Indonesia, terutama di ajang Piala AFF. Garuda senior tercatat tidak pernah menang sejak 2016 silam.

Baca Juga

Vietnam juga memiliki pengalaman apik di Kualifikasi Piala Dunia 2022 lalu. Mereka sempat menjadi satu-satunya negara ASEAN yang mejeng di babak ketiga.

Berbekal pengalaman tersebut, Timnas Indonesia tentu harus berjuang keras untuk mengalahkan Vietnam di Grup F.

Pasukan Shin Tae-yong tetap berpeluang menang karena semenjak Vietnam dipegang Philippe Troussier pada awal 2023, ada celah di skuad Golden Star Warriors.

Filipina

Selanjutnya ada Filipina yang juga tidak boleh dianggap remeh. Mereka memang sempat dibekuk oleh Timnas Indonesia di pertemuan terakhir yang berlangsung di Stadion Rizal Memorial.

Timnas Indonesia menang 2-1 atas Filipina di fase grup Piala AFF 2022 pada Januari 2023 lalu. Namun mereka ternyata tidak diisi oleh pemain terbaik karena Piala AFF tidak masuk dalam kalender FIFA.

Di bawah agenda FIFA, Filipina bisa memanggil pemain-pemain terbaiknya yang berkarier di luar negeri.

Ada beberapa pemain mengerikan seperti Neil Etheridge (kiper, Birmingham City), Sandro Reyes (gelandang, Greuther Furth II) hingga Gerrit Holtmann (penyerang, Antalyaspor).

Mereka yang kini menempati peringkat 132 dunia baru saja membuat kejutan dengan menang 1-0 atas Kirgistan, negara yang menghuni posisi 96 dunia.

Baca Juga

Irak

Terakhir ada tim yang menjadi penghuni peringkat 69 dunia yaitu Irak. Negara ini kemungkinan bisa menjadi lawan terberat Timnas Indonesia.

Mereka memiliki mental juara karena pernah mengangkat trofi Piala Asia 2007 silam. Meski para pemain kala itu dengan sekarang sudah berbeda, namun mereka baru saja membuat kejutan.

Irak sukses menahan tuan rumah Piala Dunia 2022, Qatar, dengan skor 0-0 di laga FIFA Matchday pada Jumat (13/10/23) lalu.

Baca Juga
VietnamBrunei DarussalamFilipinaIrakTimnas IndonesiaKualifikasi Piala Dunia 2026

Berita Terkini