x

Nabil Asyura Timnas U-17 Cetak Brace ke Gawang Rusia, Segel Tiket Piala Dunia U-17?

Senin, 30 Oktober 2023 12:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Nabil Asyura mencetak dua gol atau brace saat Timnas Indonesia U-17 menghadapi tim Rusia, Torpedo Moskow U-17 pada Minggu (29/10/23).

FOOTBALL265.COM - Nabil Asyura mencetak dua gol atau brace ketika Timnas Indonesia U-17 menghadapi tim Rusia, Torpedo Moskow U-17 pada Minggu (29/10/23).

Capaian ini menegaskan Nabil Asyura sebagai salah satu predator haus gol yang dimiliki Timnas Indonesia U-17, dan memuluskan langkahnya menuju Piala Dunia U-17 2023.

Baca Juga

Pada laga yang dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno itu, skuad besutan Bima Sakti menang dengan skor 4-0 tanpa balas.

Dua gol dilesakkan oleh Nabil Asyura ke gawang Torpedo Moskow U-17, dan dua gol lainnya datang dari Arkhan Kaka. Pada laga ini, Bima Sakti menurunkan banyak pemain.

"Melawan Torpedo, alhamdulilah pemain bermain maksimal dan kami coba beberapa pemain juga di laga tadi malam," ungkap Bima Sakti saat ditemui awak media, Senin (30/10/23).

Menurut Bima, laga uji coba ini menjadi salah satu cara agar anak asuhnya kembali cepat beradaptasi setelah lima pekan menjalani pemusatan latihan (TC) di Jerman.

Baca Juga

Sebelumnya, Garuda berlatih di Jerman mulai 18 September hingga 23 Oktober. Timnas Indonesia U-17 menjalani tujuh partai uji coba dengan hasil 1 menang, 2 imbang dan 4 kalah.

Meski sudah jauh-jauh menggelar TC di Jerman, tetapi tidak semua pemain yang mengikuti TC akan masuk dalam tim utama Timnas Indonesia U-17.

Bima Sakti masih pertimbangkan banyak hal untuk menentukan siapa saja pemain yang layak membela Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 mendatang, termasuk pemain diaspora.

Namun, melihat progres Nabil Asyura selama jalani TC di Jerman hingga kini kembali ke Indonesia, nampaknya pemain asal Sumatera itu sudah menyegel satu tiket ke Piala Dunia.

Baca Juga

1. Nabil Asyura: Antara Garuda Select dan Timnas Indonesia U-17

Muhammad Nabil Asyura saat pemusatan latihan Timnas Indonesia U-17 di Jerman (Foto: IG @nabilasyura17)

Meski laga uji coba Timnas Indonesia U-17 di Jerman didominasi kekalahan, Nabil Asyura mengaku tidak menyesali hal itu, karena misi utamanya bukanlah mencari kemenangan.

Pemain jebolan Garuda Select itu mengaku misi sebenarnya Timnas Indonesia U-17 ialah berlatih menghadapi pemain berpostur besar, serta latihan untuk mematangkan strategi.

Baca Juga

"Berbicara materi latihan, kami menjadi lebih tahu bagaimana bermain melakukan build up. Untuk individu, saya banyak belajar mengenai penempatan posisi," ungkap Nabil Asyura.

"Apa yang sudah didapat di Garuda Select mungkin dilengkapi dengan apa yang saya dapatkan di Jerman," ucap pemain asal Payakumbuh tersebut.

"Mungkin karena sama-sama di Eropa, beberapa materi latihan yang didapat hampir sama dengan latihan di Garuda Select, salah satunya latihan set piece yang sedikit ada kesamaan."

"Selain itu, cara bermainnya juga cukup sama, jadi sedikit membantu saya dalam adaptasi materi latihan di Jerman," lanjut Nabil.

Baca Juga

"Kami sudah beberapa kali uji tanding di sini. Hasil skor mungkin tidak penting, karena kami di sini mencari ilmu dan belajar menghadapi pemain Eropa yang mempunyai fisik lebih besar."

"Selain itu, kami juga belajar bagaimana menghadapi tim Eropa yang memiliki cara bermain yang berbeda-beda," ucap striker kelahiran 2 Juli 2006 itu.

"Semua ini penting bagi kami untuk bisa membawa Indonesia berprestasi di Piala Dunia nanti," pungkasnya.

Nabil Asyura beberapa kali mencetak gol di laga uji coba. Nampaknya ia akan jadi andalan Bima Sakti untuk ujung tombak Timnas U-17 di Pial Dunia U-17 2023 mendatang.

Baca Juga
Timnas U-17Timnas IndonesiaPiala Dunia U-17Garuda SelectBerita Timnas IndonesiaNabil AsyuraTimnas Indonesia U-17

Berita Terkini