x

Skandal Piala Dunia U-17: 4 Pemain Polandia Dideportasi Usai Mabuk-mabukan di Bali

Senin, 6 November 2023 12:49 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
4 pemain Polandia harus dideportasi usai kepergok mabuk-mabukan jelang Piala Dunia U-17 2023. (Foto: FIFA)

FOOTBALL265.COM - Piala Dunia U-17 2023 belum juga dimulai, sudah ada skandal yang mewarnai ajang ini, 4 pemain Polandia harus dideportasi usai kepergok mabuk-mabukan.

Timnas Polandia tergabung di Grup D Piala Dunia U-17 2023 bersama sejumlah tim kuat, yakni Jepang, Argentina, dan Senegal. Mereka akan bertanding di Stadion Si Jalak Harupat, Jawa Barat.

Baca Juga

Timnas Polandia sudah tiba di Indonesia pada Rabu (1/11/23) lalu. Namun mereka tak menuju Jawa Barat, melainkan ke Bali untuk adaptasi dan menjalani sejumlah laga uji coba.

Timnas Polandia U-17 menantang Amerika Serikat untuk uji coba pada Minggu (5/11/23) di Bali United Training Center, Gianyar.

Amerika Serikat unggul 2-0 lebih dulu. Namun Polandia berhasil mengejar skor lewat gol Filip Rozga pada menit ke-43, lalu disusul Mike Huras di menit ke-51. Skor akhir 2-2.

Setelah itu, Polandia dan Amerika Serikat sepakat melanjutkan ke babak adu penalti. Kali ini skuat dari Negeri Paman Sam yang memenangkan laga dengan skor 5-4.

Baca Juga

Entah bagaimana, malam itu staf pelatih Timnas Polandia merilis kabar mengejutkan bahwa empat pemainnya akan dipulangkan karena ketahuan mabuk-mabukan di Bali.

Media Polandia, Meczyki menyebut empat pemain yang dideportasi dari Indonesia yakni Oskar Tomczyk, Filip Wolski (Lech Pozna), Jan Bdzki (KS ód) dan juga Filip Rózga (Cracovia).

Seperti disebutkan sebelumnya, Filip Rozga adalah pemain yang mencetak gol di laga uji coba vs Amerika Serikat. Hal ini akan mengurangi kekuatan Polandia di Piala Dunia U-17.

Baca Juga

1. Dilema Polandia di Piala Dunia U-17

Logo Piala Dunia U-17. (Foto: FIFA)

Polandia sudah dua kali berpartisipasi di Piala Dunia U-17, hanya saja momentum itu sudah cukup lama. Sebelumnya mereka bermain di Piala Dunia U-17 edisi tahun 1993 dan 1999.

Pada Piala Dunia U-17 1993 lalu, Polandia membuat kejutan dengan melangkah ke babak semifinal. Sementara di edisi 1999, mereka langsung terhenti di fase grup.

Baca Juga

Perlu waktu setidaknya 24 tahun sampai akhirnya Polandia kembali ke panggung Piala Dunia U-17 2023 yang digelar di Indonesia, di bawah komando pelatih Rafał Lasocki.

Hasil ini rasanya masuk akal, karena Polandia mulai melahirkan bibit-bibit unggul. Salah satu yang diperhitungkan adalah Daniel Mikolajewski.

Dengan posisinya sebagai striker, Daniel Mikolajewski sering disebut sebagai the next Robert Lewandowski di Timnas Polandia.

Daniel Mikolajewski adalah pemain muda Polandia yang memutuskan berkarier di luar negeri. Ia pernah trial di AS Roma dan sempat memperkuat tim primavera Parma.

Baca Juga

Mikolajewski juga sudah pernah promosi ke Timnas Polandia U-18. Pada September 2023 lalu, ia mengikuti turnamen persahabatan, bahkan mencetak 5 gol dari tiga laga.

Selain itu, ada pula wonderkid AC Milan, Mateusz Skoczylas yang menjadi andalan sekaligus kapten Timnas Polandia di Piala Dunia U-17 2023 Indonesia, November ini.

Kepiawaiannya sebagai playmaker menjadi salah satu alasan Milan tertarik merekrutnya di bursa transfer musim panas ini. Ia dapat tawaran gaji hingga 1 juta Euro atau setara Rp16,7 miliar.

Cukup disayangkan upaya Polandia untuk mencetak bibit-bibit unggul justru dinodai oleh beberapa oknum yang kini kepergok mabuk-mabukan jelang Piala Dunia U-17.

Baca Juga
PolandiaPiala Dunia U-17

Berita Terkini