x

Bellingham Wajib Waspada! 5 Peraih Golden Boy yang Kariernya Anjlok saat Menua

Senin, 20 November 2023 14:41 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Bintang Real Madrid, Jude Bellingham, tampaknya wajib waspada dengan kutukan Golden Boy, penghargaan yang baru-baru ini didapatkannya.

FOOTBALL265.COM – Bintang Real Madrid, Jude Bellingham, tampaknya wajib waspada dengan kutukan Golden Boy, penghargaan yang baru-baru ini didapatkannya.

Memang belum lama ini, Jude Bellingham ditahbiskan sebagai peraih Golden Boy Award 2023 yang digelar oleh media Italia, Tuttosport.

Baca Juga

Penghargaan yang sudah berlangsung selama dua dekade itu diberikan kepada penggawa Timnas Inggris itu dengan mengalahkan Jamal Musiala dan Xavi Simons.

Penghargaan ini pun menambah prestasi Bellingham yang sebelumnya meraih Kopa Trophy 2023 atau pemain muda terbaik versi Ballon d’Or.

Meski menjadi prestasi membanggakan baginya, pemain berusia 20 tahun itu wajib waspada akan kutukan penghargaan Golden Boy.

Sebab, banyak peraih penghargaan ini yang kariernya anjlok dan bisa saja menimpanya. Siapa saja peraih penghargaan itu yang kariernya anjlok drastis?

Baca Juga

1. Alexandro Pato

Nama Alexandro Pato menjadi salah satu nama yang melejit di usia muda, terutama saat dirinya membela AC Milan di era 2000 an.

Pada 2009, ia mendapat gelar Golden Boy atau pemain muda terbaik dunia atas kiprahnya di usia muda bersama AC Milan.

Tapi pada 2013, Pato mengalami penurunan karier yang drastis. Salah satunya karena faktor cedera, sehingga ia sempat bermain di Brasil, Amerika Serikat, dan China hingga kini usianya 34 tahun.

2. Mario Balotelli

Setelah Pato, penghargaan pemain muda terbaik diberikan kepada bakat asli Italia, Mario Balotelli, yang menggila bersama Inter Milan.

Saat itu, ia berhasil membawa Nerazzurri merai Treble Winner. Bahkan setelahnya ia menjadi andalan di Timnas Italia dan membela klub-klub besar.

Tapi memasuki tahun 2016, karier Balotelli mengalami penurunan drastis hingga dirinya bermain di Prancis, tim-tim gurem Italia, dan kini bermain di Turki di usianya yang baru 33 tahun.

Baca Juga

1. 3. Anthony Martial

Pemain Manchester United, Anthony Martial. (Foto: REUTERS/Tony Obrien)

Pada 2015, Manchester United mendatangkan pemain muda dari AS Monaco yakni Anthony Martial yang meraih Golden Boy Award.

Saat didatangkan, Martial dibebani ekspektasi besar yang terlihat dari klausul Ballon d’Or yang diberikan AS Monaco saat Man United mendatangkannya.

Alih-alih bisa meraih Ballon d’Or, Martial mengalami penurunan karier secara drastis. Bahkan kini di usia 27 tahun, dirinya tak lagi jadi andalan Man United dan hendak didepak.

Baca Juga

4. Renato Sanches

Pada tahun 2016, Renato Sanches mendapat gelar Golden Boy usai membawa Portugal menjuarai Euro 2016 di Prancis.

Saat itu pula, nama Renato Sanches menjadi buruan banyak klub. Tapi ia memutuskan bertahan di Bayern Munchen hingga 2019.

Keputusan itu berbuah petaka karena Sanches tak pernah bermain. Kemudian ia dibuang ke Prancis. Ia pun sempat bergabung PSG, tapi kini dirinya dibuang ke AS Roma dan di usia 26 tahun namanya meredup.

Baca Juga

5. Mario Gotze

Mario Gotze pernah meraih titel Golden Boy pada tahun 2011 lalu saat tampil menggila bersama Borussia Dortmund arahan Jurgen Klopp.

Bahkan kiprahnya di usia muda itu membuatnya dipinang Bayern Munchen pada 2013. Hanya tiga tahun setelahnya, Gotze mengalami penurunan karier.

Ia sempat kembali ke Dortmund pada 2016. Tapi empat tahun kemudian dirinya didepak ke PSV Eindhoven dan kini bermain bagi Eintracht Frankfurt di usia yang baru 31 tahun.

Baca Juga
Mario BalotelliMario GotzeAlexandre PatoAnthony MartialIn Depth SportsRenato SanchesGolden Boy AwardTRIVIAJude BellinghamIndepth

Berita Terkini