x

Bedah Formasi Juventus Bersama Domenico Berardi - Teun Koopmeiners: Allegri Ubah Taktik

Selasa, 21 November 2023 07:01 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Pelatih Juventus Juventus, Massimiliano Allegri memberikan reaksi kepada pemain tim di pinggir lapangan pada laga Liga Italia, Senin (23/10/23). (Foto: REUTERS/Daniele Mascolo)

FOOTBALL265.COM - Formasi yang bakal dipakai Juventus andai manajemen Si Nyonya Tua berhasil mendatangkan Domenico Berardi dan Teun Koopmeiners di bursa transfer Liga Italia mendatang.

Jelang dibukanya bursa transfer musim dingin nanti, Juventus yang perlahan mulai bangkit di Liga Italia, sudah menyiapkan beberapa rencana buat meningkatkan kualitas skuatnya.

Baca Juga

Sepanjang musim 23/24 ini, Juventus yang absen dari kompetisi Eropa telah menemukan konsistensi penampilan di ajang domestik.

Terbukti sejak telan kekalahan telak 4-2 dari Sassuolo, anak asuh Massimiliano Allegri tersebut belum pernah lagi kehilangan poin di Serie A.

Total dari tujuh pertandingan terakhir, Juventus mampu meraih enam kemenangan dan hanya sekali imbang saat bertandang ke markas Atalanta.

Berbekal hasil positif tersebut, Juventus kini bertengger kokoh di urutan dua klasemen Liga Italia dengan raihan 29 angka. Mereka hanya berjarak dua poin dari Inter Milan sebagai capolista.

Baca Juga

Untuk mempertahankan konsistensi tersebut, kubu Juventus pun berencana mendatangkan beberapa pemain baru pada bursa transfer mendatang.

Dua nama yang jadi belakangan santer jadi sorotan adalah Domenico Berardi serta Teun Koopmeiners. Keduanya merupakan bintang yang tampil apik di Liga Italia musim ini.

Teun Koopmeiners bakal coba diboyong Juventus agar bisa mengisi lini tengah mereka usai ditinggal Paul Pogba yang harus absen lama akibat kasus doping.

Sementara Domenico Berardi didatangkan untuk meningkatkan kualitas lini serang mereka yang terus bergantung pada Federico Chiesa dan Dusan Vlahovic.

Andai berhasil memboyong Domenico Berardi - Teun Koopmeiners, bakal seperti apakah formasi yang bisa dipakai Juventus? Untuk mengetahuinya, berikut INDOSPORT mengulas:

Baca Juga

1. Ganti Skema ke 4-3-3

Teun Koopmeiners pemain Atalanta. (Foto: Instagram@teunkoopmeiners)

Jika Juventus sukses memboyong Domenico Berardi dan Teun Koopmeiners, maka Allegri harus merubah taktik permainannya dari 3-5-2 yang jadi pakem sekarang menjadi 4-3-3.

Pasalnya, jika memaksa tetap memainkan 3-5-2 maka Domenico Berardi yang merupakan pemain sayap akan kehilangan tempat di posisi starter.

Baca Juga

Untuk memainkan formasi tersebut, maka Allegri akan mengandalkan empat bek di lini pertahanan yang ditempati oleh Andrea Cambiaso, Bremer, Federico Gatti dan Danilo.

Duet Bremer dan Federico Gatti akan jadi center defender utama di lini belakang Juventus, sementara Andrea Cambiaso serta Danilo berada di posisi wing back.

Keempat pemain tersebut akan jadi penghambat serangan lawan yang berusaha menjebol gawang Wojciech Szczesny.

Di lini tengah, masuknya Teun Koopmeiners membuat barisan gelandang Juventus bakal jauh lebih agresif dan fleksibel ketika berhasil merebut bola.

Baca Juga

Teun Koopmeiners yang punya kemampuan passing serta akurasi tembakan, bisa jadi senjata rahasia Juventus dari second line.

Berduet dengan Adrien Rabiot, keduanya bakal jadi pasangan gelandang box to box atau mezzala yang sempurna buat Bianconeri.

Ditambah kemampuan bertahan Manuel Locatelli sebagai regista, barisan lini tengah Juventus berpotensi jadi salah yang terbaik di Liga Italia musim ini.

Tak cuma lini tengah yang semakin solid, daya serang Juventus juga bakal kian tajam dengan kehadiran Domenico Berardi.

Baca Juga

2. Trio Striker Juventus

Domenico Berardi merayakan golnya di laga Sassuolo vs Juventus (23/09/23). (Foto: REUTERS/Alberto Lingria)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Juventus yang terbiasa tampil dengan 3-5-2 harus mengganti taktiknya menjadi 4-3-3 selepas kedatangan Teun Koopmeiners dan Domenico Berardi.

Khusus untuk lini depan, Juventus yang sejak awal musim ini sudah familiar dengan skema dua striker, harus balik ke setelan awal yakni dengan pakem tiga penyerang.

Dalam taktik tersebut, nantinya Dusan Vlahovic kembali ke posisi naturalnya yakni ujung tombak alias target man buat Juventus.

Dengan postur tinggi serta kemampuan menahan bola miliknya, Dusan Vlahovic tak hanya jadi finisher melainkan juga pemantul agar second line Juventus bisa ciptakan peluang.

Kemudian untuk menopang serta memberikan crossing kepada Vlahovic, akan ada dua second striker atau winger yang ditempati Federico Chiesa dan Domenico Berardi.

Bagi Chiesa, bermain di sektor sayap memang merupakan posisi idealnya. Bahkan pada musim 20/21 lalu, dirinya mampu mencetak 8 gol dan 8 assists dari total 30 laga sebagai winger kiri Juventus.

Sementara di sisi kanan, ada Domenico Berardi yang sangat vital perannya sebagai winger kanan Sassuolo sejak tahun 2011 silam.

Potensi Formasi Juventus Bersama Teun Koopmeiners - Domenico Berardi
Juventus (4-3-3) XI:
Wojciech Szczesny; Andrea Cambiaso, Bremer, Federico Gatti, Danilo; Manuel Locatelli, Teun Koopmeiners, Adrien Rabiot; Federico Chiesa, Dusan Vlahovic, Domenico Berardi.

Bursa TransferJuventusDomenico BerardiLiga ItaliaBerita TransferTeun Koopmeiners

Berita Terkini