x

3 Calon Pelabuhan Baru Pratama Arhan Usai 'Bantu' Tokyo Verdy Promosi

Senin, 4 Desember 2023 12:55 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Pratama Arhan mengenakan jersey Tokyo Verdy. Kini ia dikabarkan akan pindah klub jelang musim 2024. Foto: Herry Ibrahim/Football265.com

FOOTBALL265.COM - Tiga calon pelabuhan baru Pratama Arhan jika terdepak dari Tokyo Verdy, meski sudah membantu tim promosi ke J1 League atau kasta tertinggi Liga Jepang.

Tokyo Verdy memastikan tiket promosi setelah bermain imbang 1-1 melawan Shimizu S-Pulse pada pertandingan final play off promosi ke J1 League di Stadion Nasional Jepang, Shinjuku, Sabtu (2/12/23).

Baca Juga

Pratama Arhan sudah bergabung dengan Tokyo Verdy sejak 1 Maret 2022 lalu. Hanya saja, pemain andalan Timnas Indonesia itu cukup kesulitan untuk menembus tim utama.

Dilansir dari laman Transfermarkt, Pratama Arhan tercatat hanya satu kali memperkuat Tokyo Verdy di J2 League, saat menghadapi Shimizu S-Pulse di pekan ke-29, 6 Agustus 2023.

Suami dari Azizah Salsha itu kabarnya tidak akan melanjutkan kiprahnya bersama Tokyo Verdy. Berikut INDOSPORT merangkum tiga calon pelabuhan baru Pratama Arhan.

1. Suwon FC

Agen Dusan Bogdanovic memastikan bahwa Pratama Arhan masih akan berkarier di luar negeri. Beberapa waktu lalu, Arhan sempat dikaitkan dengan klub Korea Selatan, Suwon FC.

Baca Juga

Kabar ini berawal dari media Korea Selatan, Sport Chosun, yang menyebutkan bahwa Pratama Arhan akan segera didatangkan Suwon FC yang bermain di K League 1.

"(Eksklusif) Suwon FC, rekrutan Asia Tenggara pertama sejak didirikan, kemungkinan besar akan merekrut bek Timnas Indonesia Arhan," tulis media Korea Selatan, Sport Chosun.

"Suwon FC hampir merekrut pemain Timnas Indonesia Pratama Arhan. Kesepakatan telah dicapai dengan Arhan, yang berstatus bebas transfer, detailnya akan diumumkan. Segera diselesaikan," kata seorang pejabat Korea.

Menarik untuk menantikan realisasi kabar ini, apakah Pratama Arhan benar-benar akan menyusul Asnawi Mangkualam bermain di Liga Korea Selatan?

Baca Juga

1. 2. KMSK Deinze

Marselino Ferdinan dan Ilhan Fandi mengenakan jersey baru KMSK Deinze (Foto: IG @kmskdeinze)

Pratama Arhan juga berpeluang menyusul Marselino Ferdinan saat ini bermain di Liga Belgia, tepatnya membela skuat KMSK Deinze yang masih bermain di kasta kedua.

Diketahui, Marselino Ferdinan juga berada di bawah naungan agensi Dusan Bogdanovic, sehingga memungkinkan Pratama Arhan untuk melebarkan sayap ke kancah Eropa.

Baca Juga

Marselino Ferdinan sebenarnya sempat dimainkan KMSK Deinze di beberapa laga persahabatan, meskipun ia belum menembus skuat utama yang bermain di Liga Belgia.

Naasnya, saat kesempatan sudah terbuka di depan mata, Marselino Ferdinan justru alami cedera hamstring. Ia harus menunda debutnya bersama KMSK Deinze musim ini.

Sebagai pelipur lara, KMSK Deinze mungkin bisa mendatangkan Pratama Arhan yang secara fisik sudah siap bersaing di level Eropa.

3. Lechia Gdansk

Lechia Gdansk sempat identik dengan Egy Maulana Vikri, penggawa Timnas Indonesia pertama yang berkarier di klub Eropa, dan klub Polandia ini adalah pelabuhannya.

Baca Juga

Tak lama berselang, Lechia Gdansk juga mendatangkan pemain Timnas Indonesia, Witan Sulaeman. Kedua pemain sama-sama berada di bawah agensi Dusan Bogdanovic.

Tak seperti Tokyo Verdy yang dikenal enggan memberikan menit bermain, Lechia Gdansk cukup ramah pada pemain Asia, khususnya Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman.

Maka dari itu, ada kemungkinan agen Dusan Bogdanovic juga mengusulkan agar Pratama Arhan merapat ke Lechia Gdansk musim depan.

Berbeda dengan Egy Maulana dan Witan Sulaeman yang berposisi sebagai pemain depan, Pratama Arhan adalah bek sayap, sehingga bisa memberi nuansa baru bagi klub Polandia ini.

Baca Juga
In Depth SportsLechia GdanskPratama ArhanPratama Arhan AliefTokyo VerdyKMSK DeinzeIndepth

Berita Terkini