Perjuangan Ellyas Pical Diangkat ke Layar Lebar Lewat Film ‘The Exocet’

Selasa, 16 Juli 2019 14:02 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© Rafika Amalia/INDOSPORT
Suana conference press film The Exocet di Sultan hotel, Jakarta. Copyright: © Rafika Amalia/INDOSPORT
Suana conference press film The Exocet di Sultan hotel, Jakarta.

FOOTBALL265.COM – The Exocet merupakan sebuah film yang diambil dari kisah perjalanan legenda tinju Indonesia, Ellyas Pical untuk merebut gelar juara IBF (International Boxing Federation).

The Exocet ini sendiri merupakan nama rudal Prancis yang populer di tahun 1980-an karena kecepatanya, yang sekaligus menjadi julukan dari Ellyas Pical atas kecepatan dan kekuatan pukulannya.

Ellyas Pical menjadi peraih gelar IBF pertama dalam kelas bantam junior (super terbang) pada 1985. Keberhasilan yang telah ia raih merupakan sebuah rekam jejak kejayaan tinju di Indonesia saat itu.

Elly berhasil meng-KO lawannya dari Korea, Chun Ju Do di Jakarta pada 3 Mei 1985. Kemenangan yang sudah ia raih menjadi suatu kebanggaan untuk Indonesia.

Dengan adanya film The Exocet ini, Ertanto Robby sebagai Director & Scriptwritter berharap film ini bisa kembali membangkitkan romantisme dan kembali menjadi sebuah visual tentang jejak dunia tinju di Indonesia. Tidak hanya untuk generasi tahun 80-an saja, namun untuk para generasi muda sekarang ini.

“Kita harap film ini bisa kembali membangkitkan romantisme dan kembali menjadi sebuah visual tentang jejak perjalanan dunia tinju di Indonesia,” ucap Robby.

“Di mana pada tahun 1995 kita bersatu dan bangga sekali tidak hanya orang Ambon saja yang bangga, tapi seluruh Indonesia bangga bahwa pada tahun itu kita menjadi juara dunia,” lanjutnya.

Dalam film ini Ellyas Pical diperankan oleh Jefri Nichol, dan melibatkan pemain lainnya antara lain Chico Jerikho, Ridho Hafiedz, Vino G Bastian, Lukman Sardi, Amanda Soekasah, Laura Basuki, Jeremy Thomas, Olga Lydia. Film ini juga akan diambil di tiga lokasi, Jakarta, Saparua – Maluku, dan Korea.

Penulis: Rafika Amalia.