Kisah Tyson Fury, Disebut Mualaf Hingga Menarik Perhatian Mike Tyson

Selasa, 12 Mei 2020 07:43 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Al Bello/Getty Images
Tyson Fury, petinju asal Inggris ini, belakangan santer diperbincangkan terkait status Mualaf dirinya, hingga rencana pertarungan kontra Mike Tyson. Copyright: © Al Bello/Getty Images
Tyson Fury, petinju asal Inggris ini, belakangan santer diperbincangkan terkait status Mualaf dirinya, hingga rencana pertarungan kontra Mike Tyson.

INDOSPORT. COM - Tyson Fury, petinju asal Inggris ini, belakangan santer diperbincangkan terkait status Mualaf dirinya, hingga rencana pertarungan kontra Mike Tyson.

Kabar Tyson Fury tentang Mualaf, sebenarnya sudah beredar sejak 2016 lalu. Terutama setelah Fury mengubah nama akun Twitter pribadinya menjadi Riaz Tyson Muhammad.

Netizen yang melihatnya, menduga Fury mengganti nama karena sudah memeluk agama Islam. Namun kebenaran tak bisa terungkap, sebab tak lama kemudian nama akun Twitter milik Tyson Fury kembali berubah seperti semula.

Sampai sekarang Fury belum pernah memberikan klarifikasi soal kabar dirinya Mualaf. Meski begitu, ada beberapa kali unggahan Fury di media sosial yang seakan membenarkan bahwa dirinya sudah memeluk agama Islam.

Sempat beredar foto Fury yang sedang mengenakan pakaian Islami. Ada pula video yang memperlihatkan aksi toleransi Fury, mempersilahkan salah satu kru di timnya berdoa Al-Fatihah sesaat sebelum pertandingan tinju dimulai.

Terlepas dari kabar dirinya Mualaf, Fury memanglah seorang petinju profesional yang hebat. Menurut situs BoxRec, Fury sudah 31 kali bertanding, belum sekalipun kalah, menang 30 kalah, dan cuma satu laga diakhiri hasil imbang.

Soal prestasi, Fury telah dua kali memenangkan gelar juara dunia kelas berat WBC. Tak heran bila Fury terus dipuja di cabang olahraga tinju.

Mengingat reputasi Fury yang luar biasa, baru-baru ini muncul sebuah ide untuk membuat laga amal yang mempertandingkan dirinya dengan petinju legendaris, Mike Tyson. Keuntungan yang didapat dari laga amal Fury vs Tyson diyakini akan sangat besar, dan pasti digunakan untuk memberi sumbangan kepada pihak-pihak membutuhkan.

Ayah Fury, John Fury, menyambut antusias laga amal tersebut. John bahkan sampai berujar siap mati di lapangan demi bisa ikut ke dalam laga amal melawan Tyson.

"Saya menunggu saat bertarung melawan Mike, dan menurut saya dia merupakan lawan yang pantas untuk diajak di laga amal. Bagi saya dia raja dan seorang pemenang, sehingga layak untuk diuji," ucap John dilansir Sport Bible.

"Pastinya saya akan melawan Mike karena dia juga sempat menyebut nama anak saya beberapa kali. Satu hal yang pasti, John Fury tak pernah sembunyi dari siapapun, saya akan lawan Mike Tyson dan siap gugur," tambahnya lagi.

Sementara itu, Tyson belum menyanggupi rencana laga amal kontra Fury. Tyson mengaku ingin sekali bertanding melawan Fury, tapi kondisi fisiknya yang sudah makin menua membuatnya harus berpikir ulang.

"Saya ingin sekali bertarung melawan Tyson Furry, dia hebat, selalu menunjukkan kegigihan sampai ronde terakhir," kata Tyson seperti dikutip dari situs Essentially Sports.

© Al Bello/Getty Images
Tyson Fury vs Wilder. Copyright: Al Bello/Getty ImagesTyson Fury vs Wilder.

"Kalau kalian meminta saya bertarung ketika saya berumur 20 tahun, pasti saya menyanggupinya tanpa ragu," lanjut Tyson.

Tyson sendiri sebenarnya punya rekam jejak kurang apik apabila harus bertemu petinju Inggris seperti Fury. Semasa masih aktif berkarier dulu, Tyson pernah dua kali kalah dari Lennox Lewis dan Danny Williams, yang mana kesemuanya berasal dari Inggris.

Sekarang tinggal kita nantikan saja, apakah ide laga amal tinju antara Fury vs Tyson akan terwujud? Biar waktu saja yang menjawab semuanya.