Rekor Dunia Tinju yang Melegenda Mustahil Bisa Dipecahkan Lagi

Rabu, 4 Agustus 2021 10:05 WIB
Editor: Juni Adi
© The Ring Magazine via Getty Images
Muhammad Ali dan Wilfred Benitez Copyright: © The Ring Magazine via Getty Images
Muhammad Ali dan Wilfred Benitez

FOOTBALL265.COM  - Tinju menjadi salah satu olahraga yang paling banyak digemari oleh masyarakat dunia dalam waktu beberapa puluh tahun ke belakang. 

Hal tersebut turut melahirkan sejumlah nama petinju yang akhirnya menjadi legenda sebut saja Muhammad Ali, Mike Tyson, Evander Holyfield hingga Manny Pacquiao.

Tidak hanya itu saja, arena tinju dunia juga diwarnai dengan rekor-rekor menakjubkan yang membuat para pecinta olahraga ini setia menyaksikannya.

Beberapa di antaranya akan sulit untuk dipecahkan lagi, termasuk untuk juara dunia termuda dan tertua. Berikut ulasannya:

Rekor Termuda

Maret tahun 1976 menjadi hari bersejarah bagi Wilfred Benitez dan juga olahraga tinju sepanjang masa. Sebab, ia menjadi juara termuda dalam sejarah tinju dunia.

Benitez menyabet gelar kelas welter ringan WBC saat usianya menginjak 17 tahun, 5 bulan, 23 har, usai mengalahkan Antonio Cervantes.

Hingga kini torehannya belum pernah terpecahkan dan mungkin akan sulit untuk dilakukan. Mike Tyson menjadi juara termuka di kelas berat saat berusia 20 tahun, empat bulan, dan 22 hari.

Bukan sesuatu yang mudah bagi Benitez bisa merebut sabuk juara kelas welter dari tangan Carvantes yang dikenal sebagai petinju hebat dan sudah mendominasi kelas tersebut hampir satu dekade.

Benitez kemudian naik kelas untuk berusaha merebut gelar kelas welter, namun dikalahkan oleh Ray Leonard. Pada Mei 1981 ia mengalahkan Maurice Hope untuk gelar kelas menengah ringan, menjadi juara tiga divisi termuda dalam sejarah.

Ia masuk ke dalam Hall of Fame Tinju Internasional pada tahun 1996, hingga kini dianggap sebagai salah satu petinju Puerto Rico terbaik sepanjang masa.