x

Proliga 2023: Kalahkan Jakarta Pertamina Fastron, Bandung BJB Tandamata Sukses Back to Back Juara

Minggu, 19 Maret 2023 14:40 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Subhan Wirawan
Bandung BJB Tandamata juara putaran satu Final Four Proliga 2023. (Foto: Dok. Proliga)

FOOTBALL265.COM - Tim bola voli putri Bandung BJB Tandamata, berhasil meraih target menjadi juara pada Proliga 2023, setelah mengalahkan Jakarta Pertamina Fastron di pertandingan final, Sabtu (18/03/23).

Pertandingan final Proliga yang berlangsung di GOR Amongrogo, Yogyakarta tersebut berlangsung ketat dan saling mengejar poin, bahkan pemenangan partai puncak ini harus ditentukan hingga lima set. 

Pada set pertama, kedua tim bermain berusaha menampilkan permainan terbaiknya, sehingga berjalan ketat namun akhirnya Bandung BJB Tandamata berhasil unggul 27-25 atas Jakarta Pertamina Fastron.

Memasuki set kedua, Bandung BJB Tandamata yang memiliki modal bagus dari set pertama, kembali unggul atas Jakarta Pertamina Fastron dengan skor 25-22. Sehingga, skor sementara untuk keunggulan tim besutan Alim Suseno.

Tertinggal di dua set, Jakarta Pertamina Fastron berusaha bangkit, akhir set ketiga berhasil dikuasai oleh Jakarta Pertamina Fastron, walaupun pada set tersebut Bandung BJB Tandamata mampu memberikan perlawanan, skor berakhir 24-26. 

Baca Juga

Keberhasilan mengamankan set ketiga, membuat motivasi Jakarta Pertamina Fastron kembali naik, mereka akhirnya bisa menguasai set keempat dan unggul 20-25 atas Bandung BJB Tandamata, yang membuat skor menjadi imbang 2-2.

Memasuki set penentuan, Bandung BJB Tandamata yang memiliki target untuk mempertahankan gelar juara Proliga, menunjukkan kualitasnya dengan unggul 15-8, hasil itu membuat skor berakhir 3-2 untuk kemenangan Bandung BJB Tandamata.

Baca Juga

Kemenangan atas Jakarta Pertamina Fastron tersebut, membuat Bandung BJB Tandamata berhasil meraih gelar juara pada Proliga 2023. Gelar tersebut, menjadi yang keempat didapat tim voli putri asal Bandung ini. 

Pasalnya, sebelumnya Bandung BJB Tandamata juga berhasil meraih gelar juara, yakni 2003 dan 2006 saat memakai nama Bandung Art Deco Bank Jabar serta yang terbaru pada Proliga musim lalu 2022.

Dengan hasil yang didapat pada pertandingan Final Proliga 2023, makaBandung BJB Tandamata berhasil back to back juara di kompetisi bola voli paling bergengsi di Tanah Air. 

Baca Juga

1. Masih Ada Evaluasi

Bandung BJB Tandamata saat menghadapi Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia, pada Final Four Proliga 2023 di GOR Tridharma, Gresik, Sabtu (25/02/23). (Foto: Dok. Proliga)

Pelatih Bandung BJB Tandamata, Alim Suseno, bersyukur dengan hasil yang diraih pada Proliga 2023. Selain itu, menurutnya pada pertandingan final ini berlangsung sangat ketat dan menarik untuk disaksikan oleh pecinta voli tanah air.

Alim menambahkan, pertandingan menghadapi Jakarta Pertamina Fastron merupakan final ideal. Lantaran, sebelumnya sepanjang babak penyisihan dan final four, kedua tim yang bertanding saling mengalahkan.

"Ini pertandingan final ideal, kita di penyisihan kalah dua kali, di final four kita menang dua kali dan Alhamdulillah kita di final bisa menang," kata Alim usai laga.

Pada pertandingan final Proliga 2023 Bandung BJB Tandamata, seharusnya bisa meraih kemenangan dengan skor 3-0. Namun, pada seri ketiga dan keempat Wilda Siti Nurfadihlah kehilangan fokus, sehingga game harus diselesaikan sampai lima set.

"Setelah unggul dua set, anak-anak terlalu terburu-buru untuk menyelesaikan set ketiga kita kehilangan fokus, dan berlanjut ke set keempat,"

Baca Juga

"Alhamdulillah set kelima bisa ngambil dan jadi juara," kata pelatih yang juga membawa Bandung BJB Tandamata juara musim lalu ini. 

Sama seperti Alim, Ketua Klub Bandung BJB Tandamata, Tahyan, bersyukur dengan hasil yang diraih pada Proliga 2023. Walaupun, pertandingan final harus berlangsung lima set.

Baca Juga

Menurutnya, pada set ketiga Wilda Siti Nurfadihlah dan kawan-kawan bermain terlalu percaya diri, lantaran sudah unggul dalam dua set. Namun, tim lawan akhirnya bisa bangkit dan mengamankan set ketiga serta keempat. 

Kehadiran pemain senior di Bandung BJB Tandamata menurut Tahyan, membuat tim voli putri asal Bandung ini bisa menunjukan kualitasnya dan mental juara dengan menutup set penentuan dengan kemenangan.

"Anak-anak terlalu percaya diri, kita set ketiga kaget, kita agak sedikit tertekan. Tapi untungnya kita banyak pemain senior," kata Tahyan.

Melihat penampilan dan hasil yang diraih pada Proliga 2023, Tahyan menuturkan kemungkinan besar akan tetap mempertahankan mayoritas skuat juara ini.

Meski demikian, pihaknya akan tetap melakukan evaluasi dan kemungkinan akan ada perubahan untuk menambah kekuatan.

"Kita akan evaluasi nanti, memang akan ada yang dipertahankan," ungkap Tahyan.

Baca Juga

Baca berita sepak bola dan olahraga lainnya di Google News 

ProligaVoliBandung BJB TandamataProliga 2023

Berita Terkini